Thursday, 08 December 2016

Pengobatan Tradisional Asam Urat

Visia.info – Pengobatan Tradisional Asam UratAsam Urat dan Penyebabnya – Membahas pengobatan asam urat sangat penting untuk mengetahui beberapa cara dan metode yang bisa digunakan untuk mengobati asam urat. Asam urat merupakan sejenis penyakit yang menyerang bagian persendian. Bagian sendi yang sering diserang misal jari tangan, jari kaki, lutut, siku, dan pergelangan tangan. Penyakit ini biasanya dialami seseorang yang telah berusia lanjut. Pada penderita asam urat sering kali juga didapati penyakit lain seperti diabetes, ginjal atau hipertensi. Rasa nyeri yang disebabkan asam urat pun merupakan rasa nyeri yang sangat hebat. Oleh karena itu, pengobatan asam urat perlu segera dilakukan.

Pengobatan-Tradisional-Asam-Urat

Asam urat berbentuk kristal. Kristal-kristal asam urat ini terbentuk dari hasil manisfestasi metabolisme zat purin. Zat purin merupakan zat yang terkandung di dalam bahan makanan yang berasal dari makhluk hidup baik tumbuhan atau hewan. Jika Anda mengonsumsi olahan makanan dari makhluk hidup berarti zat purin didalamnya akan berpindah ke tubuh Anda.Pengobatan Tradisional Asam Urat

Setiap orang sebenarnya memiliki kadar asam urat. Jika kadar asam urat ini berlebihan karena pengonsumsian zat purin yang berlebihan maka bisa berakibat gagalnya ginjal mengeluarkan zat purin tersebut dari dalam tubuh. Pada akhirnya terbentuklah tumpukan kristal asam urat di area persendian. Inilah yang menyebabkan rasa nyeri hebat di persendian dan kadang disertai dengan bengkak.

Pengobatan Asam Urat

Pengobatan asam urat bisa dilakuan secara tradisional menggunakan bahan-bahan alami seperti kumis kucing dan daun salam. Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) sudah lama dikenal sebagai diuretik yang ampuh menghancurkan batu di saluran kencing. Kumis kucing memiliki rasa manis dan sedikit rasa pahit. Biasanya kumis kucing tumbuh di anak sungai atau bisa juga Anda tanam di halaman rumah.

Pengobatan Tradisional Asam Urat Kumis kucing bisa berkhasiat melarutkan batu ginjal karena adanya garam kalium di dalamnya. Cukup sediakan 10 gram daun kumis kucing kering lalu cuci bersih. Sediakan pula 10 gram meniran kering, 10 gram sawi tanah kering, 15 gram jahe kering dan 10 gram kapulaga kering. Memarkan jahe terlebih dahulu baru selanjurnya campurkan dengan semua bahan-bahan tadi. Rebus semua bahan dengan 1 liter air hingga mendidih dan sisakan hingga setengahnya. Ramuan ini baik diminum 3 kali sehari dengan takaran tiga perempat gelas. Jika bahan-bahan didapati dalam kondisi basah maka untuk takarannya cukup kalikan 2 saja dari takaran bahan kering.

Daun salam (Eugenia polyanta) biasanya digunakan untuk bumbu masak. Akan tetapi, daun salam ternyata juga berkhasiat untuk pengobatan asam urat. Daun salam memiliki rasa kelat. Daun asam juga bersifat astrigent dengan kandungan senyawa-senyawa seperti minyak atsiri, flavonoid, dan tannin. Untuk mengobati asam urat secara tradisional, cukup rebus 10 lembar hingga 15 lembar daun salam segar atau kering dengan 3 gelas air. Rebus hingga mendidih dan bersisa 1 gelas saja. Ramuan daun salam ini baik diminum 2 kali sehari dengan takaran setengah gelas sekali minum.

Kesehatan:

kumis kucing dan daun salam cara membuat y.

Related Posts to "Pengobatan Tradisional Asam Urat"

Response on "Pengobatan Tradisional Asam Urat"