Thursday, 08 December 2016

Apakah Virus Zika Itu?

Apakah Virus Zika Itu?-Visia.infoAwal 2016 dunia digemparkan dengan adanya wabah penyakit berbahaya yang bernama virus zika. Beberapa negara seperti Brazil, Barbados, Bolivia, Colombia, Cap Verde,El Salvador, Ecuador, Frech Guina, Guyana, Guatemala, Honduras,Haiti,Mexico,Martinique, Paraguay, Panama, Puerto Rico, Dominican Republic, Suriname, Venzuela, Yap telah melaporkan adanya temuan penyakit virus zika. Dan bahkan virus ini diduga telah ditemukan juga di Indonesia yaitu berada di Kalimantan.

Apakah-Virus-Zika-Itu?
Lalu apa sebenarnya virus zika ini dan bagaimana cara penularan virus zika? Virus zika adalah virus yang memiliki kesamaan dengan virus dengue, virus zika masih satu jenis dari virus Flavivirus dan virus ini berasal dari Arbovirus. Dan cara penularan virus ini melalui nyamuk yaitu nyamuk aedes aegipty untuk wilayah tropis dan aedes africanus untuk wilayah di Afrika dan Aedes Albopictus untuk wilayah lain. Nyamuk jenis Aedes ini bisa hidup di luar rauangan dan juga di dalam ruangan dan juga aktif di siang hari. Selain melalui gigitan nyamuk virus ini juga bisa ditularkan oleh ibu hamil terhadap janin yang dikandungnya. Baca juga: Pengertian Penyakit Demam Berdarah
Dan mengenai kejadian mikrosefalus kongenital yaitu pertumbuhan kepala bayi yang terhambat belum ditemukan adanyan bukti ilmiah mengenai keterkaitan antara virus zika dengan kejadian mikrosefalus, namun temuan bukti-bukti yang mengarah ke adanya hubungan antara kejadian mikrosefalus dengan virus zika semakin kuat. Untuk itu bagi para ibu hamil sangat dianjurkan untuk memeriksakan kesehatan kehamilan dan janinnya agar bisa dideteksi apakah janin tertular virus zika atau tidak.
Lalu apa saja gejala-gejala yang orang terinfeksi virus zika ini?
Gejala-gejala infeksi virus zika yang muncul antara lain sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, demam, muncul bintik-bintik merah, lemah dan peradangan pada konjungtiva. Dan pada beberapa kasus juga terjadi komplikasi autoimun dan juga gangguan saraf. Gejala ini biasanya dirasaka selama 2 hingga 7 hari dan pada tubuh dengan kondisi yang baik gejala ini akan sembuh dalam 7 hingga 12 hari. Baca juga: Gejala Demam Berdarah
Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh orang yang terjangkiti virus zika ini antara lain;
1. Minum air yang cukup untuk menghindari dehidrasi.
2. Istirahat yang cukup.
3. Konsumsi obat-obatan untuk mengurangi nyeri dan demam.
4. Jangan minum aspirin atau obat-obatan non steroid anti inflamation.
5. Berobat ke rumah sakit atau pelayanan kesehatan terdekat
Dan langkah-langkah pencegahan terhadap wabah virus zika ini yaitu; Baca juga: Waspadai Gejala Chikungunya
1. Hindari gigitan nyamuk
2. Bersihkan lingkungan dan berantas sarang-sarang nyamuk
3. Lakukan pola hidup sehat, bersih dan rajin berolah raga untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
4. Bagi para ibu hamil lakukan perlindungan ektra terhadap gigitan nyamuk
Itulah sekilas mengenai virus zika yang saat ini menjadi sedang mewabah di beberapa negara. Bersihkan rumah dan lingkungan sekitar dari sarang nyamuk untuk mencegah wabah virus zika berkembang di lingkungan Anda.Apakah Virus Zika Itu?

Kesehatan:

badan pegal pegal apakah tanda kehamilan. pusing mual demam kedinginan badan terasa lemas sering lapar apa termasuk mau hamil. cara menghilangkan rasa meriang dan sakit kepala saat hamil muda. tiba tiba badan terasa tidak enak pengen mual ketika sedang tidur.

Related Posts to "Apakah Virus Zika Itu?"

Response on "Apakah Virus Zika Itu?"