Thursday, 08 December 2016

Kenali Gejala Penyakit Gula

Penyakit gula atau diabetes atau yang lebih dikenal dengan nama kencing manis yaitu salah satu penyakit kategori berbahaya yang kerap kali diderita oleh mereka dengan kondisi obesitas atau orang yang sudah lanjut usia, namun tidak menutup kemungkinan penyakit ini menyerang orang berusia muda bahkan anak-anak, seperti yang banyak terjadi belakangan ini.

Penyakit ini dinamakan kencing manis sebab urine yang dikeluarkan tubuh memang mengandung kadar glukosa atau gula yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan adanya penurunan kemampuan ginjal di dalam tubuh, yang mengakibatkan urine tidak diproses dengan baik. Penderita diabetes yang tidak segera mendapat penanganan dan pengobatan dengan tepat bisa mengalami gagal ginjal yang tentunya sangat membahayakan keselamatan dirinya.

 Kenali-Gejala-Penyakit-Gula

Bebapa gejala yang menjadi pertanda serangan penyakit gula ini antara lain:

1.      Kerap kali buang air kecil, terutama pada malam hari. Namun Urine yang dikeluarkan juga dalam volume yang banyak.

2.      Sering merasakan lapar dan haus. Nafsu makan bisa meningkat cukup drastis, akan tetapi berat badan terus menurun, dikarenakan adanya ketidakseimbangan yang terjadi di dalam proses metabolisme dalam tubuh.

3.      Badan mudah  merasa lemas, merasa lesu, sering mengantuk, dan mudah lelah bila melakukan aktivitas yang berhubungan dengan gerakan tubuh.

4.      Umumnya penderita cenderung akan mengalami gangguan fungsi penglihatan.

5.      Ciri diabetes yang lain yaitu bila terjadi semacam luka pada kulit, maka butuh waktu lama dan susah untuk kering atau disembuhkan.

6.      Biasanya terjadi pembengkakan terutama pada kaki penderita.

7.      Sering merasakan gatal-gatal pada permukaan kulit, namun bukan karena alergie.

Pencegahan penyakit gula

1.      Menerapkan dan menjaga pola makan yang sehat dengan asupan makanan yang bergizi setiap hari. Tambah porsi sayur dan buah yang mengandung banyak serat dan nutrisi yang dibutuhkan dan baik bagi tubuh.

2.      Usahakan menjauhi makanan bergula atau yang terlalu manis. Semisal gula-gula, permen dan manisan.

3.      Biasakan untuk meminum air putih sebanyak 7-8 gelas per hari. Namun tetap hindari minuman manis seperti halnya sirup juga minuman bersoda.

4.      Terapkan pola hidup sehat dengan membiasakan olahraga secara teratur, paling tidak selama 30 menit per harinya.

gejala penyakit gula

gejala penyakit gula

gejala penyakit gula

gejala penyakit gula

Related Posts to "Kenali Gejala Penyakit Gula"

Response on "Kenali Gejala Penyakit Gula"