Sunday, 23 April 2017

Gejala Ginjal Bermasalah

Ginjal adalah organ bagian dari saluran kemih, yaitu organ yang memiliki fungsi untuk menyaring kotoran dari aliran darah serta membuangnya bersama air dalam bentuk cairan urine. Jadi bila ada yang kurang beres dengan ginjal ini, gejala awalnya bisa dideteksi cukup dengan melihat dari urine.

Gejala masalah ginjal bisa dilihat sesuai fungsi ginjal itu sendiri. Tentunya Fungsi utama ginjal yaitu sebagai sistem filter dan juga ekskresi, untuk mengatur asam basa dalam darah, mengatur tekanan darah, serta merangsang produksi sel-sel darah merah dalam tubuh.

Pada orang yang menderita masalah ginjal, umumnya jumlah urine yang diproduksi lebih sedikit dari orang normal. tetapi untuk sebagian orang, masalah ginjal tahap awal biasanya tidak menunjukkan gejala apapun. Gejala umumnya tak bisa dilihat secara kasat mata, mulai dari warna, ciri baunya, juga jumlahnya, terkecuali jika muncul urine yang disertai darah.

Urine orang dengan ginjal yang bermasalah umumnya mengalami perubahan warna menjadi merah atau kemerahan menyerupai coca-cola. Urine yang berdarah dan warnanya jadi keruh disebabkan oleh kemungkinan terjadinya infeksi. Terkadang urine bisa berbusa bila ada protein yang ikut terbawa.

agar lebih jelas, permasalahan ginjal memang harus dideteksi melalaui uji urine di laboratorium terpadu. Di sana akan diperiksa apakah ada kandungan eritrosit dan leukosit dalam urine, serta kreatinin atau kotoran yang bisa dihilangkan oleh ginjal yang berfungsi dengan normal.

 Gejala-Ginjal-Bermasalah

Selain dengan urine, permasalahan pada organ ginjal juga dapat dideteksi dari fungsi ginjal lainnya yang bermasalah, antara lain:

1. Darah menjadi lebih asam

2. Hemoglobin (Hb) rendah

3. Mudah lelah

4. Kurang darah (anemia)

5. Tekanan darah tinggi (hipertensi)

6. Tubuh sering merasa sakit, kram, tidak nafsu makan, insomnia.

7. Penimbunan cairan di kaki dan wajah yang terlihat seperti pembengkakan

8. Pengeringan cairan yang ditandai mata cekung, mulut kering, dan hampir tidak ada lendir dalam mulut.

kondisi kerusakan ginjal lebih sering diakibatkan karena adanya penyakit kronik lain sebagai pemicu seperti darah tinggi, diabetes, penyakit ginjal bawaan, infeksi ginjal, serta penyakit batu ginjal.

gejala ginjal bermasalah

gejala ginjal bermasalah

gejala ginjal bermasalah

gejala ginjal bermasalah

Kesehatan:

air kencing keruh. air kencing kuning pekat tanda hamil. gejala ginjal bermasalah. air kencing keruh pertanda apa. ciri ginjal bermasalah. kencing keruh. kencing berbusa dan berbau. ciri ciri ginjal bermasalah. air kencing keruh dan berbusa. tanda ginjal bermasalah. air kencing keruh dan berbau. kencing keruh dan berbusa. air seni keruh. air kencing berbusa saat hamil. air kencing berbusa dan berbau. tanda tanda ginjal bermasalah. kenapa air kencing keruh. penyebab kencing keruh. ginjal keruh. air seni terasa pahit. Buang air kecil asin. air kencing sedikit dan keruh. urine berbusa dan bau. penyebab air kencing keruh. air kencing keruh gejala apa. urine terasa asin. air kencing tak asin pertanda.

Related Posts to "Gejala Ginjal Bermasalah"

Response on "Gejala Ginjal Bermasalah"