Tuesday, 06 December 2016

Menjaga Kesehatan Ginjal

Menjaga Kesehatan Ginjal-Visia.info Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh kita namun masih banyak diantara kita yang kurang peduli terhadap kesehatan ginjal. Organ yang bentuknya seperti kacang ini memiliki kegunaan untuk menyaring kotoran pada tubuh dan mengeluarkannya dalam bentuk urin. Pada manusia dalam keadaan sehat dan memiliki organ-organ yang masih baik, sepasang ginjal berada pada bagian belakang perut, tepatnya di sebelah kanan dan kiri tulang belakang, dan di bawah limpa dan hati; sedangkan pada orang dewasa, masing-masing ginjal berukuran 11 cm dengan ketebalan 5 cm dan memiliki berat sekitar 150 gram. Baca Juga : Kenali Gejala Penyakit Ginjal

Menjaga-Kesehatan-Ginjal

Ginjal memiliki fungsi selain untuk menyaring kotoran dan mengeluarkanya dalam bentuk urin juga berfungsin untuk menghasilkan 125 cc fitrat glomerular per menit yang dibantu oleh aliran darah yang mengalir melewati ginjal dengan laju 1,2 per menit sebanyak 350 kali. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita semua untuk selalu menjaga kesehatan ginjal, karena ginjal sangat memiliki pengaruh penting demi kelancaran pencernaan dan kelancaran aliran darah. Jika ginjal tidak dijaga kesehatannya, kemungkinan besar kita akan menderita penyakit ginjal yang fatal, yaitu gagal ginjal. Untuk dapat selalu menjaga kesehatan ginjal dengan baik dan benar, alangkah baiknya jika kita melakukan beberapa cara agar selalu memiliki ginjal yang sehat, yaitu: Baca Juga : Gejala Dan Pencegahan Batu Ginjal

  1. Mengatur pola makan dengan memilih buah dan sayur-sayuran yang ditanam secara alami tanda adanya campur tangan dari zat-zat kimia. Mengurangi konsumsi makanan dengan garam berlebih, makanan olahan juga dapat membantu mempertahankan ginjal agar selalu sehat.
  2. Berolahraga teratur dengan melakukan beberapa olahraga ringan saja pun dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan ginjal.
  3. Jaga berat badan agar selalu berada pada berat badan yang ideal, sehingga tidak terjadi obesitas pada tubuh, karena tidak baik untuk kesehatan. Ginjal akan melemah kinerjanya jika terdapat banyak tumpukan lemak pada tubuh, karena lemak yang berlebih akan membuat organ-organ bekerja lebih keras untuk mengikis tumpukan tersebut.
  4. Jauhi alkohol dan rokok, karena rokok dapat merusak paru-paru dan ginjal. Alkohol dan rokok merupakan penyebab terbesar dari penyakit-penyakit mengerikan yang menyerang kita, khususnya ginjal.
  5. Kontrol tekanan darah karena tekanan darah yang tinggi dapat memicu penyakit ginjal.
  6. Minum air putih sebanyak 6-8 gelas sehari. Air putih dapat membantu ginjal untuk menyaring kotoran dan melancarkan pencernaan.
  7. Hindari stres, karena stres merupakan salah satu penyebab darah tinggi, dan darah tinggi merupakan salah satu pemicu penyakit ginjal.
  8. Hindari beberapa obat antibiotik dan anti nyeri karena dapat merusak ginjal. Alangkah baiknya jika mengonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter mengenai penggunaan obat-obatan tersebut. Baca Juga : Gejala Ginjal Bermasalah

 Hal-hal tersebut di atas merupakan beberapa cara yang baik untuk kita dalam menjaga kesehatan ginjal, dan tidaklah sulit untuk dilakukan jika dibandingkan dengan penyakit mengerikan yang dapat menjangkit organ tersebut. Hargailah organ sehat yang sudah diberikan kepada kita, dengan selalu menjaga kesehatannya dengan mengubah pola hidup menjadi sehat.Menjaga Kesehatan Ginjal

Related Posts to "Menjaga Kesehatan Ginjal"

Response on "Menjaga Kesehatan Ginjal"