Saturday, 10 December 2016

Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

Visia – Kebutuhan Gizi Ibu Hamil – Keseimbangan gizi dan nutrisi sangatlah dibutuhkan oleh ibu hamil. Mereka sangat penting untuk dikonsumsi karena si calon ibu tidak hanya memberi asupan gizi kepada dirinya sendiri, melainkan juga memberi asupan kepada sang calon buah hati. Jika asupan nutrisi dan gizi ibu hamil tidak terpenuhi atau seimbang, maka besar kemungkinan akan beresiko terhadap sang bayi yang terdapat di dalam kandungan.

kebutuhan gizi ibu hamil

kebutuhan gizi ibu hamil

Kandungan gizi dan nutrisi yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil

Semakin bertambah usia kandungan, akan semakin bertambah pula kebutuhan akan asupan gizi dan nutrisi. Maka dari itu, supaya janin berkembang dengan baik, para ibu hamil diharuskan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung nilai gizi seperti berikut :

  • Kalori

Dalam satu hari, ibu hamil memerlukan tambahan kalori sebanyak 300-400 kkal. Kalori tersebut sebaiknya berasal dari berbagaimacam sumber (4 sehat 5 sempurna) seperti nasi, umbi-umbian beserta protein.

  • Asam folat

Asam folat sangat diperlukan dalam jumlah banyak karena diperlukan untuk membentuk sel dan sistem saraf pada janin. Jika janin kekurangan asam folat, maka janin akan beresiko terlahir dengan beberapa kelainan, seperti lahir tanpa batok kepala.

  • Protein

Ibu hamil membutuhkan protein setiap harinya berkisar 60 gram atau melebihi 10 gram dari asupan protein biasanya. Asupan protein bisa didapat dari tahu, tempe , telor, kacang-kacangan dan sebagainya.

  • Kalsium

Kalsium sangat diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Maka dari itu ibu hamil diharuskan untuk meminum susu beserta produk olahan lainya.

  • Zat besi

Zat besi sangat diperlukan ibu hamil untuk memebentuk hemoglobin dan sel darah merah agar terhindar dari anemia.

  • Vitamin A, C, D

Vitamin merupakan hal yang paling dibutuhkan untuk daya tahan tubuh dan sangat berguna untuk kesehatan mata, pertumbuhan tulang dan gigi serta ketahanan tubuh sang calon bayi.

Makanan-makanan untuk ibu hamil

Kondisi ibu hamil termasuk dalam kondisi yang rentan. Tidak sembarang makanan yang dapat dikonsumsi oleh sang ibu. Maka dari itu, di bawah ini terdapat makanan-makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil :

  • Sayuran berwarna hijau

Bayam dan kangkung merupakan sumber zat besi, vitamin C, folat dan serat yang dibutuhkan dan sangat baik.

  • Nasi merah

Nasi merah mengandung banyak serat, vitamin B dan zat besi. Indeks glikemiks rendah yang dimiliki oleh nasi merah membuat ibu hamil merasa lebih kenyang dalam waktu lama .

  • Buah stawberi, pisang dan kiwi

Antioksidan yang dimiliki strawberi dan kiwi berguna agar bayi tidak beresiko terkena diabetes tipe 2 atau obesitas. Sedangkan pisang dapat menghindari ibu hamil dari gejala keram kaki.

  • Minyak ikan

Asam lemak omega 3 yang dikandung oleh ikan dapat membantu perkembangan saraf dan mata pada bayi.

Related Posts to "Kebutuhan Gizi Ibu Hamil"

Response on "Kebutuhan Gizi Ibu Hamil"