Thursday, 08 December 2016

Nutrisi Sehat Ibu Hamil 6 Bulan

Visia – Nutrisi Sehat Ibu Hamil 6 Bulan Banyak point-point penting yang perlu diperhatikan untuk kesehatan ibu hamil. Usia kehamilan 6 bulan merupakan usia kehamilan yang membutuhkan banyak asupan nutrisi. Usia kehamilan bisa disebut cukup matang saat memasuki usia 6 bulan. Pada ibu hamil 6 bulan, didapati otak bayi mulai berkembang, berat dan panjang bayi mulai tumbuh dan berkembang secara signifikan, kuku, bulu mata, alis dan panca indera mulai disempurnakan. Oleh karena itu, usia 6 bulan merupakan usia kehamilan yang perlu diperhatikan secara lebih khusus.

kehamilan 6 bulan

kehamilan 6 bulan

Pada usia hamil 6 bulan, ibu diharuskan memiliki tenaga ekstra. Hal ini karena akan terjadi banyak perubahan pada trisemester kedua. Pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan yang sudah Anda konsumsi pada masa-masa awal kehamilan. Adapun makanan tersebut selanjutnya perlu ditambah asupan nutrisi yang lain seperti vitamin A, kalsium dan omega-3.

Vitamin A

Usia kehamilan 6 bulan adalah usia yang cukup berisiko bagi ibu hamil untuk mengalami mata kering. Oleh karena itu, ibu hamil 6 bulan membutuhkan asupan vitamin A yang cukup untuk kesehatan mata ibu. Vitamin A juga berfungsi untuk membentuk sel-sel darah merah dan kulit. Sumber vitamin A bisa Anda peroleh misal dari wortel dan tomat.

Bentuk vitamin A terdiri dari 2 macam, yaitu retinol dan karoten. Ibu hamil perlu mewaspadai vitamin A retinol. Bila ibu hamil mengonsumsi vitamin A retinol secara berlebihan, maka retinol dapat mengganggu tumbuh kembang janin.

Kalsium dan Omega-3

Kalsium dibutuhkan untuk tumbuh kembang tulang bayi. Kalsium juga dibutuhkan untuk perkembangan gigi karena pada masa kehamilan 6 bulan gigi di dalam gusi telah berada pada tahap awal pembentukan. Kebutuhan ibu akan kalsium ini bisa dipenuhi dengan mengonsumsi susu yang sudah dipasteurisasi sehingga aman untuk bayi.

Seperti yang telah disebut sebelumnya, pada kehamilan usia 6 bulan otak bayi tengah mengalami tumbuh kembang. Makanan dengan omega-3 yang cukup akan membantu perkembangan otak bayi. Kacang kedelai, sayuran hijau, telur, dan susu memiliki kandungan omega-3 yang Anda butuhkan. Asupan omega-3 bisa pula Anda peroleh dari mengonsumsi beberapa jenis suplemen omega-3. Suplemen omega-3 pun baik dikonsumsi hingga masa menyusui. Akan tetapi, tentu Anda tidak boleh sembarangan mengonsumsi suplemen omega-3. Konsultasikan dengan dokter Anda terkait nutrisi yang baik untuk Anda dan bayi Anda.

Demikian beberapa asupan nutrisi yang perlu diperhatikan untuk ibu dengan usia kehamilan 6 bulan. Pada masa ini baik pula untuk Anda melakukan konmunikasi aktif dengan bayi karena pendengaran bayi sudah berkembang. Anda bisa mengajak bayi Anda berbicara atau mendengarkan musik klasik. Jangan lupa tetap lakukan pemeriksaan rutin ke dokter untuk mengetahui perkembangan janin. Sehat selalu dan semoga bermanfaat.

 

Kesehatan:

lemas saat hamil 6 bulan. badan lemas saat hamil 6 bulan. pusing saat hamil 6 bulan. hamil 6 bulan. makanan ibu hamil 6 bulan. ciri ciri janin sehat usia 6 bulan. makanan yang baik untuk ibu hamil 6 bulan. makanan untuk ibu hamil 6 bulan. info ibu hamil. meriang saat hamil 8 bulan. makanan sehat ibu hamil 6 bulan. kepala pusing saat hamil 6 bulan. hamil 5 bulan sering pusing. makanan sehat untuk ibu hamil 6 bulan. kehamilan 6 bulan. keringat dingin saat hamil 6 bulan. hamil 6 bulan sering pusing. contoh gejala hamil 6 bulan. susu untuk ibu hamil 6 bulan. makanan sehat ibu hamil 6 bulan keatas. buah untuk hamil 6 bulan. Mengatasi lemas pusing sakit kepala hamil 6 bulan. knp usia khamilan 6 bln dada trasa skit. bumil 6 bln mata sakit. buah untuk ibu hamil 6 bulan. buah untuk ibu hamil6 bln. gambar hamil 6 bulan.

Related Posts to "Nutrisi Sehat Ibu Hamil 6 Bulan"

Response on "Nutrisi Sehat Ibu Hamil 6 Bulan"