Thursday, 17 August 2017

Panduan Senam Ibu Hamil Untuk Memudahkan Persalinan

visia – Panduan Senam Ibu Hamil Untuk Memudahkan Persalinan – Melakukan senam ibu hamil secara teratur pada usia kehamilan 24 minggu atau 6 bulan sangat disarankan bagi calon ibu yang menginginkan proses persalinan normal. Meskipun saat ini ada banyak proses persalinan yang ditawarkan oleh berbagai klinik dan rumah sakit bersalin seperti operasi caesar dan persalinan di bawah air.

Panduan Senam Ibu Hamil Untuk Memudahkan Persalinan

Panduan Senam Ibu Hamil Untuk Memudahkan Persalinan

Jadi pendapat yang mengatakan masa kehamilan merupakan masa dimana Anda tidak boleh melakukan banyak aktivitas dan lebih baik banyak beristirahat merupakan persepsi yang tidak sepenuhnya benar. Memang benar pada masa awal kehamilan seorang calon ibu perlu menjaga agar kandungannya agar kuat, namun apabila sudah memasuki bulan ke 6, maka sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan malas bergerak dan lebih banyak berbaring atau berdiam diri, karena untuk melahirkan secara normal dan sehat calon ibu harus melakukan berbagai aktivitas yang dapat membuat organ-organ yang berhubungan dengan persalinan menjadi elastis. Dan salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan senam ibu hamil secara teratur.

Beberapa Panduan dan Gerakan Senam Ibu Hamil

Berikut ini beberapa panduan dan gerakan senam ibu hamil yang dapat Anda pelajari dan lakukan baik dirumah maupun secara berkelompok, diantaranya adalah :

–        Duduk dengan posisi kaki bersila dan punggung tegak lurus, arahkan lengan kedepan dengan posisi telapak tangan berada diatas lutut. Gerakan ini bisa dilakukan kapan saja dalam keadaan santai dan dianjurkan sesering mungkin yang Anda bisa.

–        Posisi yang kedua adalah seperti merangkak, dimana telapak tangan diletakkan selebar dengan bahu, posisi badan harus rata atau selurus dengan bokong dan bahu. Setelah itu tundukkan kepala dan angkat kembali, lakukan terus sampai 8 kali.

–        Posisi selanjutnya masih dalam keadaan merangkak namun posisi kepala berada diantara kedua tangan, turunkan badan sampai bagian dada menyentuh lantai dan rentangkan siku kesamping. Kepala arahkan ke kiri dan kekanan. Lakukan posisi ini selama 1 menit, setelah itu naikkan sampai 5 menit, atau sesuai dengan kemampuan Anda

–        Posisi baring miring ke kiri, letakkan lutut kanan kedepan, lutut kiri di letakkan kebelakang. Apabila agak kesulitas, ambillah bantal untuk membantu memaksimalkan gerakan.

–        Posisi baring miring yang ke 2, tekuklah kedua lengan dan lutut, letakkan bantal dibawah kepala dan perut, tenangkan pikiran dan atur napas Anda.

–        Posisi terlentang. Tekuklah kaki Anda sambil kedua tangan memegang lutut. Posisi ini merupakan posisi ideal saat melahirkan, tariklah nafas dalam kemudian hembuskan. Gerakkan tubuh anda ke depan dan ke bawah. Terlentangkan kembali tubuh anda bila merasa kelelahan. Lakukan posisi ini sesering Anda bisa, apalagi bila sudah mendekati masa persalinan.

Manfaat Senam Ibu Hamil Untuk Proses Persalinan

Senam Ibu  Hamil merupakan sebuah gerakan yang dikhususkan untuk membantu proses persalinan, jadi bila ada yang berpendapat bahwa fungsinya sama dengan gerakan naik turun tangga atau berjalan kaki hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar, karena senam ibu hamil lebih spesifik dan memiliki beberapa jenis gerakan yang memiliki berbagai manfaat diantaranya adalah :

–        Memperkuat otot panggul

–        Melatih organ-organ kewanitaan Anda menjadi lebih elastis

–        Memahami teknik pernafasan saat melahirkan

–        Mengurangi rasa sakit pada saat proses persalinan karena otot-otot sudah terlatih dan dapat mengejan dengan wajar dan baik.

Dengan banyaknya manfaat dari Senam ibu hamil diatas, maka bagi ibu yang ingin bersalin secara normal perlu mempertimbangkan untuk melakukan rutinitas ini.

Kesehatan:

foto bumil melahirkan. contoh gambar posisi melahirkan yang baik. foto bumil. foto ibu hamil melahirkan. senam hamil 6 bulan.

Related Posts to "Panduan Senam Ibu Hamil Untuk Memudahkan Persalinan"

Response on "Panduan Senam Ibu Hamil Untuk Memudahkan Persalinan"