Saturday, 10 December 2016

Gejala dan Pencegahan Kanker Paru-Paru

Gejala dan Pencegahan Kanker Paru-Paru-Visia.infoGejala dan pencegahan kanker paru-paru adalah informasi yang sangat penting mengingat gejala kanker paru sulit diketahui. Pada masa-masa awal penyakit kanker paru-paru tidak memunculkan gejala apapun, gejala kanker paru-paru baru akan muncul pada tahapan tertentu. Untuk langkah antisipatif, penanganan dan kewaspadaan terhadap kanker paru-paru perlu ?diketahui gejala-gejala kanker sejak dini agar bisa segera dilakukan penanganan dan pengobatan lebih cepat karena diagnosa dan penanganan yang lebih awal sangat berpengaruh terhadap proses pengobatan kanker paru-paru.

Gejala-dan-Pencegahan-Kanker-Paru-Paru

Berikut gejala utama ?kanker paru-paru yang biasa muncul? :

  1. Batuk yang terus menerus dan semakin parah hingga mengalami batuk berdarah.
  2. Nyeri di dada dan sesak napas.
  3. Sakit Kepala.
  4. Penurunan berat badan.
  5. Sakit pada saat menelan sehingga kesulitan untuk menelan sesuatu.
  6. Suara serak.
  7. Mudah merasa kelelahan.
  8. Terjadi pembengkakan pada leher dan muka.
  9. Terasa sakit pada tulang yang terjadi bisa di tangan, bahu atau lengan.
  10. Ada perubahan pada bentuk ?jari yaitu pada ujung-ujung jari menjadi lebih cembung. Baca Juga: Mengenali Penyakit Kanker Paru-Paru

Pencegahan Kanker Paru-Paru

Penyakit kanker paru-paru termasuk jenis kanker yang bisa dicegah. Lalu bagaimanakah cara pencegahan terhadap kanker paru-paru? Sebagian besar penyebab dari kanker paru-paru adalah asap rokok. Hampir 80 hingga 90 % penderita kanker paru-paru disebabkan karena kebiasaan merokok. Selain asap rokok, radiasi, polusi dan menghirup zat arsenik juga menjadi penyebab kanker paru-paru.

Berikut cara mencegah kanker paru-paru :

1. Tidak Merokok dan Hindari Menjadi Perokok Pasif

Bagi Anda para perokok ?segera hentikan kebiasaan merokok Anda dan bagi Anda yang bukan perokok usahakan untuk tidak menjadi perokok pasif. Ini merupakan langkah utama pencegahan terhadap kanker paru-paru.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsilah makanan-makanan yang kaya akan serat dan rendah lemak. Perbanyak mengkonsumsi ?buah dan sayuran. Selain itu hindari konsumsi vitamin dalam bentuk tablet atau pil ?karena bisa menimbulkan efek samping.

3. Olah Raga Secara Teratur

Bagi Anda jarang berolah raga, mulai sekarang luangkan sedikit waktu Anda untuk berolah raga.Olah raga bisa Anda lakukan secara bertahap dan kemudian akan menjadi kebiasaan yang rutin dilakukan.Olah raga Anda lakukan minimal 2-3 jam dalam satu minggu.

Itulah beberapa gejala dan cara pencegahan kanker paru-paru. Lakukan pola hidup sehat dengan rajin berolah raga, mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan hindari rokok agar Anda dan keluarga Anda terbebas dari resiko kanker paru-paru. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan keluarga.Gejala dan Pencegahan Kanker Paru-Paru

Related Posts to "Gejala dan Pencegahan Kanker Paru-Paru"

Response on "Gejala dan Pencegahan Kanker Paru-Paru"