Thursday, 08 December 2016

Gejala Penyakit Kanker Lidah

Lidah adalah satu organ yang sangat berarti bagi panca indra manusia. Lidah berfungsi sebagai alat pengecap dalam proses pencernaan. Tanpa lidah orang tidak bisa merasakan kenikmatan rasa dari setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi. Penyakit yang dapat menyerang organ ini adalah kanker lidah yang merupakan salah satu penyakit kanker oral. Penyakit ini menyerang secara berlahan sehingga harus mengenali gejalanya sejak awal dan diagnosis secara medis yang jelas.

 Gejala-Penyakit-Kanker-Lidah

 Faktor penyebab yang memunculkan gejala kanker lidah adalah sebagai berikut :

  1. Penyebab dari jasmani – kebiasaan menggosokan lidah dalam jangka waktu panjang dapat menimbulkan sariawan yang tidak lama sembuh yang dapat memicu  timbulnya kanker lidah. Penyebab lain yang menandai munculnya kanker lidah adalah kebersihan mulut yang tidak terjaga, sehingga dapat mengakibatkan penyakit radang yang kronis.
  2. Penyebab dari bahan kimia seperti tembakau dan alkohol;

Pecandu rokok dan minum beralkohol dapat menjadi penyebab terserang kanker lidah. Karena di dalam rokok terdapat zat kimia nikotin yang menghasilkan zat karsinogenik yang memicu pertumbuhan sel kanker pada lidah. Minuman beralkohol tidak mempunyai zat karsinogenik, meskipun begitu di dalam alkohol terdapat zat etanol yang juga dapat menghasilkan zat karsinogenik.

  1. Penyebab biologi – ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa virus papilloma juga bisa memicu munculnya gejala kanker lidah.
  2. Pola makan yang tidak sehat akan mempengaruhi kerja lidah dan akan membuat proses metabolisme serta penyerapan nutisi yang kurang sempurna.

 Gejala awal dari Kanker Lidah

  Kebanyakan kanker lidah menyerang lidah pada bagian mukosa. Gejala awal kanker lidah ditandai dengan munculnya bercak kecil atau lesi sebesar 1-2 cm yang membuat lidah tidak nyaman. Gejala awal penyakit ini ditandai dengan seringnya terserang sariawan yang berkelanjutan, terjadinya eksogen, dan infiltrasi. Eksogen muncul di tandai dengan munculnya bisul berwujud semacam kembang kol, dengan menimbulkan rasa nyeri di bagian telinga dan temporal. Lesi ini akan berkembang jika terinfeksi kuman karena sisa makan yang dapat menimbulkan pendarahan gusi, bau mulut, dan keluarnya air liur yang tidak bisa dikendalikan.

Gejala anngkut dari Kanker Lidah

  Sel kanker muncul saat tumbuh melebihi belahan tengah lidah, dan mulai berkembang menuju kelenjar getah bening. Juka sudah mencapai kelenjar getah bening sel kanker akan berkembang lebih cepat mejalarnya.

Nah..mulai dari sekarang selalu jaga kebersihan dan keshatan mulut anda. Lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter untuk melakukan pencegahan dan penangan yang tepat agar tidak terserang kanker lidah yang parah.

gejala kanker lidah

gejala kanker lidah

gejala kanker lidah

gejala kanker lidah

Kesehatan:

gambar lidah. lidah. bintil di lidah. penyebab bintil di lidah. ada belahan di tengah lidah. lidah bintit. muncul bintil-bintil di lidah. penyebab belahan pada lidah. penyebab bintil pada lidah. lidah bintil2. lidah bintil bintil. lidah ada bintil. gambar lidah yg sempurana. gambar kangker lidah bagian dalam. bintil2 lidah. bintik kecil di lidah. belahaan di lidah. penyebab bintil pada lidah com.

Related Posts to "Gejala Penyakit Kanker Lidah"

Response on "Gejala Penyakit Kanker Lidah"