Sunday, 04 December 2016

Kanker Mulut, Penyebab, Gejala Serta Pencegahannya

Kanker Mulut, Penyebab, Gejala Serta Pencegahannya -Visia.info– Oral cancer atau sering kita menyebutnya dengan kanker mulut. Penyakit jenis ini seperti namanya yaitu kanker yang menyerang bagian mulut. Biasanya kanker ini lebih mengawalinya dari bagian sel yang datar atau lebih dikenal dengan sel skuamosa dan perlahan akan menutupi bagian mulut, lidah serta bibir. Penyakit kanker mulut ini dapat berkembang ke seluruh jaringan yang berada pada mulut melalui getah bening. Jenis penyakit kanker mulut ini sangat jarang terjadi. Walaupun demikian kita harus tetap waspada terhadap resiko dan bahaya kanker mulut ini.
Untuk mewaspadai terhadap penyakit ini setidaknya kita mengetahui gejala-gejala yang ditimbulkan oleh kanker mulut.

Kanker-Mulut-Penyebab-Gejala-Serta-Pencegahannya

Berikut ini beberapa gejala kanker mulut yang dapat dipaparkan diantaranya: Baca Juga: Gejala Kanker Mulut
1. Tenggorokan akan terasa sakit
2. Timbulnya sariawan yang berkelanjutan
3. Dalam berbicara akan terasa sulit
4. Gigi yang goyang tanpa sebab
5. Getah bening yang terdapat pada leher akan mengalami pembengkakan
6. Mulut kian lama kian terasa sakit terutama pada bagian lidah
7. Pada bagian rahang akan mengalami sakit dan terasa kaku
8. Rasa sakit akan timbul ketika mengunyah dan menelan sesuatu
9. Terjadinya pembengkakan pada bagian mulut
10. Suara kita akan berubah
11. Timbulnya bercak kemerahan atau keputihan di dalam mulut. Baca Juga: Gejala Penyakit Kanker Lidah
Penyakit kanker mulut dapat diakibatkan karena terjadinya mutasi pada sel-sel dalam mulut. Namun penyebab utama mutasi ini kurang dipahami. Adapun beberapa faktor yang mampu diindikasikan sebagai penunjang mutasi sel-sel dalam mulut antara lain, infeksi HPV (human papilomavilus), pola makan yang kurang diatur, mengkonsumsi minuman keras secara rutin, kebersihan mulut yang kurang diperhatikan, menggunakan segala jenis tembakau dan mengunyah buah pinang.
Biasanya untuk memastikan keberadaan kanker mulut ini dapat dilakukan melalui Rontgen, MRI scan, CT scan dan PET scan. Penderita kanker mulut yang dinyatakan berada pada stadium awal maka dapat melakukan serangkaian pengobatan agar dapat segera sembuh. Seperti halnya operasi dengan menggunakan sinar Laser atau lebih sering disebut prosedur photodynamic therapy (PDT). Jika pasien dinyatakan berada pada stadium akhir maka pengobatanya dapat dilakukan melalui pengangkat jaringan dalam mulut dengan kata lain yaitu merekontruksi jaringan baru. Baca Juga: Gejala Kanker Lambung
Salah satu cara untuk mencegah agar terhindar dari penyakit ini yaitu dapat dilakukan dengan, menghindari minuman keras, mengurangi dan menghentikan kebiasaan merokok dengan tembakau, menjaga selalu pola makan sehat, selalu menjaga kesehatan gigi serta biasakan memeriksakan gigi setiap 6 bulan 1 x.
Itulah sekilas gambaran mengenai apa itu kanker mulut, gejala serta penyebab kanker mulut. Kesehatan adalah segalanya bagi kita. Menjaganya menjadi sebuah kewajiban yang harus. Semoga sobat selalu dalam keadaan sehat. Terimakasih.Kanker Mulut, Penyebab, Gejala Serta Pencegahannya

None found.

Related Posts to "Kanker Mulut, Penyebab, Gejala Serta Pencegahannya"

Response on "Kanker Mulut, Penyebab, Gejala Serta Pencegahannya"