Thursday, 08 December 2016

UU Kesehatan Terbaru

UU Kesehatan Terbaru-Visia.info– Dalam suatu negara yang memiliki pemerintahan, pastinya memiliki undang-undang. Contohnya saja negara Indonesia. Banyak sekali undang-undang dan juga peraturan dibuat agar tercipta sebuah kehidupan bernegara yang beraturan, berhukum,memiliki otoritas, dan berbatas. Undang-undang di Indonesia merupakan produk  hukum yang telah disahkan oleh badan legislatif maupun eksekutif. Salah satu Undang-Undang yang sangat penting dari sekian banyaknya undang-undang yang ada di Indonesia adalah undang-undang kesehatan, dimana dari undang-undang kesehatan tersebut dapat tercipta hak manusia dalam sebuah negara yang dibentuk dengan sistem yang tentunya harus dapat menghargai harkat dan martabat manusia. Sebagaimana seharusnya sebuah undang-undang, Undang-Undang Kesehatan di Indonesia seharusnya menjadikan masyarakat Indonesia dan juga pemerintah sadar dan menghargai adanya hak dan kewajiban masing-masing anggota masyarakat dalam hal kesehatan.

UU-Kesehatan-Terbaru

Undang-Undang Kesehatan sendiri dibuat agar negara dapat memberikan perhatian dan perlindungan kesehatan bagi masyarakatnya, mengingat  kesehatan merupakan hak asasi bagi setiap insan yang telah diberikan Tuhan. Hal tersebut dapat terwujud dengan mengadakan program, sosialisasi, fasilitas yang menjadi regulasi dalam bentuk Undang-Undang Kesehatan, dan alangkah baiknya jika diterapkan secara sehat dan ajeg. Namun sayangnya, Undang-Undang Kesehatan di Indonesia bisa dikatakan belum terlaksana dengan baik terlihat dari masih banyak anggota masyarakat yang belum mendapatkan hak kesehatannya dengan baik, seperti masih sering terjadinya terjadinya malpraktek yang membahayakan jiwa, buruknya pelayanan kesehatan masyarakat. Keberadaan Undang-Undang Kesehatan di Indonesia sebagaimana dalam pembukaan Undang-Undang Kesehatan, didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan  sebagai berikut:

  1. “Bahwa kesehatan merupakan Hak Asasi Manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  2. Bahwa setiap kegiatan dalam upaya untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dilaksanakan berdasarkan prinsip non-diskriminatif, partisipatif, dan berkelanjutan dalam rangka pembentukan sumber daya manusia Indonesia, serta peningkatan ketahanan dan daya saing bangsa bagi pembangunan nasional.
  3. Bahwa setiap hal yang menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan pada masyarakat Indonesia akan menimbulkan kerugian ekonomi yang besar bagi negara, dan setiap upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat juga berarti investasi bagi pembangunan negara.
  4. Bahwa setiap upaya pembangunan harus dilandasi dengan wawasan kesehatan dalam arti pembangunan nasional harus memperhatikan kesehatan masyarakat dan merupakan tanggung jawab semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat.
  5. Bahwa Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 Tentang Kesehatan sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan, tuntutan, dan kebutuhan hukum dalam masyarakat sehingga perlu dicabut dan diganti dengan Undang-Undang Kesehatan yang baru. Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana yang dimaksud dalam huruf a, huruf b, huruf c, huruf d, dan huruf e perlu membentuk Undang-Undang Kesehatan.”

Atas persetujuan bersama dari DPR RI dan Presiden RI, maka terbentuklah sebuah Undang-Undang Kesehatan yang bertujuan untuk mengatur dan mewujudkan hak asasi manusia dalam hal kesehatan.

Demi terwujudnya sumber daya manusia yang sehat dan kuat, dibutuhkannya Undang-Undang Kesehatan yang dapat mengatur kesejahteraan bangsa. Jika sumber daya manusia dalam sebuah negara sudah lemah, maka pembangunan yang seharusnya ada dalam sebuah bangsa dan negara akan terhambat. Maka dari itu, Undang-Undang Kesehatan merupakan salah satu Undang-Undang terpenting dan harus ada dalam sebuah negara.UU Kesehatan Terbaru

Related Posts to "UU Kesehatan Terbaru"

Response on "UU Kesehatan Terbaru"