Tuesday, 06 December 2016

5 Sumber Makanan untuk Menurunkan Kolesterol

Visia.info – 5 Sumber Makanan untuk Menurunkan KolesterolKolesterol tinggi bisa memicu penyakit jantung dan juga stroke.Untuk menurunkan kadar kolesterol bisa dengan mengkonsumsi makanan penurun kolesterol. Adapun salah satu faktor penyebab kolesterol tinggi yaitu pengkonsumsian makanan yang berkolesterol tinggi. Penyebab ini tentu bisa dikontrol dengan mengatur pola makan sehat sehari-hari. Sejumlah makanan diketahui bisa menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik). LDL biasanya ditemui pada sumber makanan hewani yang kaya akan lemak jenuh. Lalu apa saja sumber makanan yang baik untuk menurunkan kolesterol?

5-Sumber-Makanan-Untuk-Menurunkan-Kolesterol

 Berikut 5 Sumber Makanan untuk Menurunkan Kolesterol :

1.      Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang kaya lutein. Lutein merupakan zat penting untuk menjaga kesehatan dan kinerja mata. Lutein ternyata memiliki khasiat lain yakni mencegak menempelnya lemak di pembuluh darah.  Oleh karena itu, bayam baik dikonsumsi setiap hari sebanyak setengah cangkir sebagai makanan penurun kolesterol.

2.      Kacang Kedelai

Kacanag kedealai termsuk 5 Sumber Makanan untuk Menurunkan Kolesterol. Kacang kedelai dan makanan olahan dari kacang kedelai seperti tahu, tempe, dan susu kedelai memiliki kandungan isoflavon. Isoflavon adalah zat yang aktif menekan kadar LDL dalam darah. Untuk menurunkan kadar kolesterol, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi 25 gram protein kedelai setiap hari. Tentu tahu dan tempe bisa berfungsi optimal sebagai makanan penurun kolesterol bila diolah dengan cara yang benar. Pastikan tidak menggoreng tahu dan tempe dengan minyak jelantah atau pun mengolah dengan campuran santan. Minyak goreng jelantah dan santan adalah sumber lemak jenuh.

3.      Kacang-Kacangan

Selain kacang kedelai, jenis kacang-kacangan seperti buncis, kacang panjang, dan kacang merah baik dikonsumsi karena merupakan sumber serat larut. Serat larut akan bekerja mengurangi kolesterol jahat. Oleh karena itu, jenis kacang-kacangan ini baik dikonsumsi secara terartur selama 6 minggu unutk mengurangi kadar kolesterol hingga 10%.

Kacang mede dan almond baik pula dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Kacang-kacangan ini mengandung banyak vitamin E, phytochemical, dan magnesium yang berkaitan dengan kesehatan jantung. Akan tetapi, porsi pengonsumsian kacang-kacangan ini memang perlu dibatasi karena kandungan proteinnya yang sangat tinggi.

4.      Ikan Salmon

Ikan memang sumber makanan hewani yang kaya akan lemak jenuh, tetapi tidak untuk ikan salmon. Ikan salmon adalah makanan penurun kolesterol yang kaya akan kandungan omega-3.Omega-3 pada ikan salmon sangat aktif menurunkan kadar LDL dan trigliserida serta meningkatkan kadar HDL dalam darah. Selain itu, ikan salmon juga mengandung EPA dan DHA yang akan menjaga jantung Anda tetap sehat. Adapun selain ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, makarel, dan ikan trout adalah ikan yang baik pula dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol tinggi.

5.      Alpukat

Alpukat merupakan buah sumber lemak tidak jenuh yang aktif meningkatkan kadar HDL dalam darah. Adapun buah alpukat sebaiknya dikonsumsi dengan sayuran karena alpukat memiliki kadar kalori tinggi. Di dalam satu buah alpukat dengan ukuran sedang didapati 300 gram kalori dan 30 gram lemak tak jenuh. Padahal tubuh manusia normal hanya memerlukan asupan kalori 1800 kalori dan 30 gram lemak tak jenuh saja setiap harinya.

Itu tadi informasi dari visia.info mengenai 5 Sumber Makanan untuk Menurunkan Kolesterol yang visia bagaikan untuk anda.Dan semoga bisa bermanfaat dan membantu anda dalam mengatasi masalah kolesterol yang tinggi.

Kesehatan:

download kenapa setiap habis makan manis dan bersantan kepalaku terasa puyeng. kaki dan tangan terasa baal sampai muka sebelah kiri kadang kaki terasa panas apakah steroke ringan. kepala pusing setelah makan nasi. pertanda sakit apa sehabis makan nasi mual dan pusing. perut sebelah kiri perih pundak punggung pegal2 badan sakit semua. sumber hdl pada makanan.

Related Posts to "5 Sumber Makanan untuk Menurunkan Kolesterol"

Response on "5 Sumber Makanan untuk Menurunkan Kolesterol"