Saturday, 10 December 2016

Bawang Putih, Obat Alami Turunkan Kolesterol

Visia.info – Bawang Putih, Obat Alami Turunkan KolesterolPengobatan Alami – Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata kolesterol? Kolesterol sebenarnya bukan penyakit, melainkan salah satu angggota keluarga lemak yang sudah ada di dalam tubuh manusia secara alami. Keberadaan kolesterol di dalam tubuh pun memiliki peranan penting misal sebagai bahan pembentuk hormon dan membantu pembentukan dinding sel. Hanya saja jika kadar kolesterol di dalam darah berlebihan, kolesterol ini bisa memicu penyakit lain misal stroke atau penyakit jantung.

Bawang Putih, Obat Alami Turunkan Kolesterol

Terdapat banyak pilihan obat untuk menurunkan kolesterol. Tentu obat alami wajib Anda pilih pertama kali. Bawang putih adalah bumbu dapur yang ternyata bisa Anda gunakan sebagai obat penurun kolesterol. Cukup iris tipis bawang putih atau bentuk bulatan kecil lalu telan. Lakukan cara pengobatan ini 2 kali dalam sehari. Mengonsumsi bawang putih segar secara mentah-mentah memang tidak mudah karena aroma bawang sangat menyengat dan rasanya juga tidak begitu enak. Jika Anda merasa kesulitan untuk mengonsumsi bawang mentah-mentah, Anda bisa meraciknya dengan buah-buahan segar menjadi jus sehat penurun kolesterol.

Khasiat Bawang Putih

Bawang putih ampuh sebagai obat penurun kolesterol karena kandungan bahan aktifnya. Di dalam bawang putih didapati bahan aktif s-ally cysteine dan komponen thioally yang mampu bekerja hipolipidemik dan antitrombotik.

Bawang putih baik dimasukkan dalam menu diet Anda karena aktif menurunkan kadar kolesterol jahat LDL hingga 10% untuk pengonsumsian rutin selama 4 bulan. Pengonsumsian bawang putih secara rutin memang ampuh mencegah terjadinya aterosklerosis. Asterosklerosis adalah menyempitnya pembuluh darah karena adanya timbunan lemak dan kolesterol. Jika ini terjadi terus menerus bisa mengakibatkan aliran darah ke jantung terhambat sehingga kebutuhan oksigen jantung pastinya tidak tercukupi.

Adapun bawng putih sebenarnya juga memiliki khasiat lain untuk kesehatan. Jus bawang putih sangat baik dikonsumsi untuk pengobatan asma, serak, dan batuk. Bawang putih juga ampuh menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi kelainan paru-paru, meningkatkan sistem imun tubuh, mencegah kanker, membantu metabolisme lemak dan menjaga agar gula darah tetap seimbang. Hal ini tidak lain karena bawang merukan salah satu sumber antioksidan yang baik. Antioksidan pada banwang putih akan menangkal serangan radikal bebas.

Di dalam bawang putih juga didapati kandungan vitain A, B, C, sulfida, polyphenol, adenosin, potasium, dan selenium. Bawang putih berperan sebagai antimikrobial dan antiperadangan yang akan mempercepat proses penyembuhan dan mencegah terjadinya infeksi.

Efek Samping

Meski bawang putih berkhasiat sebagai obat penurun kolesterol dan lainnya, pengonsumsian bawang putih perlu dibatasi. Segala hal yang berlebihan meski banyak manfaatnya tentu tidak baik. Efek samping dari bawang putih mungkin hanya akan diderita beberapa orang dewasa saja. Beberapa efek samping dari bawang putih yaitu bau nafas dan tubuh, perut sakit, dan beberapa orang dewasa mengalami alergi. Efek samping ini biasanya didapati pada pengonsumsian bawang putih mentah yang berlebihan. Oleh karena itu, untuk pengobatan kolesterol memang cukup 2 buah bawang putih saja dalam sehari. Sebagai catatan tambahan, bawang putih juga bisa mengganggu proses pembekuan darah. Jika Anda tengah dalam proses atau baru saja menjalankan operasi, pengonsumsian bawang putih memang harus dibatasi.

Demikian informasi dari Visia.info untuk anda, semoga informasi ini bisa berguna untuk menjaga kesehatan  anda dan keluarga anda. Jalani pola hidup dan juga pola makan yang sehat agar kesehatan anda dan keluarga selalu terjaga.

Related Posts to "Bawang Putih, Obat Alami Turunkan Kolesterol"

Response on "Bawang Putih, Obat Alami Turunkan Kolesterol"