Sunday, 04 December 2016

Makanan Sehat Penurun Kolesterol

Visia – Makanan Sehat Penurun KolesterolKolesterol merupakan lemak yang sebenarnya sudah ada di dalam pembuluh darah makhluk hidup. Kolesterol terbagi menjadi dua yakni kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol sebenarnya bermanfaat untuk tubuh manusia, misal HDL yang berperan dalam penyerapan asam lemak esensial dan juga membantu memproduksi hormon seks. Adapun kolesterol jahat adalah kolesterol yang harus Anda hindari karena menyebabkan adanya timbunan lemak di pembuluh darah. Adanya lemak di pembuluh darah inilah yang bisa memicu terjadinya serangan jantung.

menurunkan kolestrol

Kolseterol terdapat di dalam tubuh manusia secara alami. Jumlah kolesterol tubuh bisa meningkat karena asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Oleh karena itu, penting sekali menjaga asupan makanan guna mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Jika kadar kolesterol tubuh berlebih, sebaiknya memang dilakukan upaya menurunkan kolesterol tubuh.

Beberapa jenis makanan diketahui bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Apa saja makanan sehat penurun kolestrol itu?

Ikan dan Omega-3

Dari hasil penelitian didapati ikan baik dikonsumsi 3 kali sehari atau bahkan lebih karena berperan menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini tidak lain karena ikan kaya akan kandungan omega-3. Ikan dengan kandungan omega-3 yang baik dikonsumsi misal ikan tuna, salmon dan sarden. Ikan yang akan dikonsumsi pun baik diolah dengan cara dikukus atau dibakar. Adapun ikan yang digoreng perlu dibatasi karena jumlah lemak akan bertambah jika diolah dengan digoreng.

Oatmeal dan Makanan Berserat

Oatmeal dan makanan berserat tinggi bisa menurunkan kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh. Serat yang larut akan mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah. Cukup dengan mengonsumsi 10 gram serat sudah dapat mengurangi total kolesterol dan juga LDL.

Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran yang kaya vitaminC dan betakaroten tinggi merupakan makanan baik untuk menurunkan kadar kolesterol . Buah yang baik dipilih misalnya yaitu strawberry, alpukat, jeruk, anggur, dan mangga. Adapun untuk sayuran yang kaya vitamin C dan betakaroten tinggi misalnya adalah brokoli, wortel, bayam, dan labu.

Biji-Bijian dan Kacang-Kacangan

Biji-bijian misal kedelai dan lentil mengandung serat tinggi. Biji-bijian biasanya juga rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol. Dengan mengonsumsi biji-bijian Anda pun akan kenyang lebih lama karena adanya indeks glikemik rendah yang berarti dibutuhkan waktu lama untuk dicerna. Olahan kedelai seperti tahu dan tempe baik pula dikonsumsi karena kandungan isoflavon yang berperan menekan LDL agar tidak terus meningkat.

Almond dan kacang-kacangan yang lain mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kenari memiliki kandungan asam lemak tidak jenuh yang akan menjaga pembuluh darah Anda terus sehat. Kacang-kacangan baik dikonsumsi cukup 43,5 gram saja untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan asam lemak tidak jenuh yang mampu menurunkan kadar LD serta menaikankan HDL tubuh. Minyak zaitun bisa dikonsumsi dalam bentuk campuran buah zaitun pada salad dengan 2 sendok makan minyak zaitun untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik.

Kesehatan:

penyakit telapak kaki lemas dan sedut2.

Related Posts to "Makanan Sehat Penurun Kolesterol"

Response on "Makanan Sehat Penurun Kolesterol"