Tuesday, 06 December 2016

Penyebab dan Cara Menurunkan Kolesterol

Visia – Penyebab dan Cara Menurunkan Kolesterol –  Sebelum mengetahui cara menurunkan kolesterol ada baiknya bila Anda mengetahui apa definisi dari kolesterol terlebih dulu. Kolesterol adalah sebuah lemak yang dihasilkan oleh hati dan bermanfaat untuk tubuh manusia. Secara alami kolesterol terdapat disetiap dinding sel dan selaput dalam tubuh, seperti di otak, otot, saraf, kulit, usus, jantung, dan hati. Fungsi dari kolesterol dengan kadar normal adalah untuk memelihara dan membangun sel membrane, membantu menghasilkan empedu, memproduksi hormon seksual, dan menyaring molekul-molekul yang masuk ke dalam sel dan jaringan tubuh.

cara menurunkan kolestrol

Keadaan kadar kolesterol dalam tubuh manusia sangat bergantung pada asupan makanan, pola hidup, dan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. karena itu apabila kondisi tubuh dan asupan makanan tidak sehat sangat berpotensi membuat kadar kolesterol menjadi tinggi. dan perlu Anda ketahui kolesterol tinggi bukanlah termasuk jensi penyakit , namun bisa berpotensi mengakibatkan timbulnya beberapa penyakit seperti stroke, diabetes, hipertensi, dan serangan jantung.

Beberapa Penyebab dan Faktor Pemicu Kadar Kolesterol Meningkat

Setelah mengetahui definisi dari kolesterol diatas, maka berikut ini adalah  beberapa penyebab dan faktor pemicu yang membuat kadar kolesterol dalam tubuh dalam meningkat atau mengalami lonjakan yang tinggi, diantaranya adalah :

–        Gaya Hidup

Gaya hidup yang kurang sehat seperti terlalu banyak merokok dan minum minuman bersoda dan beralkohol merupakan penyebab dari meningkatnya kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh

–        Asupan Makanan

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging ayam, bebek, daging jeroan, keju, mentega, telur, aneka kue dan gorengan

–        Berat Tubuh Kurang Ideal

Obesitas atau berat badan berlebihan bukan hanya akan membuat Anda susah mencari pakaian yang pas, tapi dapat juga menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dan meningkatkan trigliserida dalam darah.

–        Kurang Beraktivitas

Kurang berativitas dan banyak makan makanan yang berlemak merupakan pemicu yang paling banyak menyebabkan melonjaknya kadar kolesterol jahat sehingga kolesterol baik levelnya menjadi kecil

–        Faktor Keturunan (genetika)

Faktor keturunan atau genetika ternyata ikut berperan dalam terjadinya peningkatan kolestero jahat dalam tubuh, walaupun sudah berusaha menjalankan pola hidup yang sehat dan seimbang. Jadi apabila seorang Ibu/ Ayah memiliki kadar kolesterol tinggi ditubuhnya, maka berpotensi mewariskannya kepada anak atau keturunannya kelak.

Cara Menurunkan Kolesterol yang Aman dan Cepat

Berikut ini beberapa cara menurunkan kolesterol jahat dalam darah yang aman dan cepat terasa khasiatnya, diantaranya adalah :

–        Konsumsi makanan yang berserat seperti sayuran dan buah-buahan

–        Aturlah pola makan yang seimbang dan sehat, batasi mengkonsumsi makanan yang berlemak dan berminyak.

–        Hentikan kebiasaan merokok dan minum minuman bersoda dan beralkohol

–        Lakukan aktivitas olahraga yang teratur

–        Lakukan program diet kolesterol

Semoga informasi singkat diatas dapat memberikan manfaat bagi Anda.

Kesehatan:

penyebab badan terasa capek cape pegal dan menggigil. gejala kram2 dan kesemutan pada kaki dan tangan.

Related Posts to "Penyebab dan Cara Menurunkan Kolesterol"

Response on "Penyebab dan Cara Menurunkan Kolesterol"