Sunday, 04 December 2016

Perlukah Obat-Obatan Untuk Bisa Mengatasi Kolesterol Tinggi?

Visia.info – Perlukah Obat-Obatan Untuk Bisa Mengatasi Kolesterol Tinggi? – Kadar kolesterol tinggi dalam tubuh manusia bisa mengakibatkan beberapa penyakit yang cukup berbahaya seperti stroke, jantung dan lain sebagainya. Oleh karena berbagai langkah harus dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi seperti mengindari makanan yang banyak mengandung lemak, mengkonsumsi obat penurun kolesterol, olah raga dan juga terapi-terapi kesehatan yang lain.

Perlukah-Obat-Obatan-Untuk-bisa-Mengatasi-Kolesterol-Tinggi?

Nah kali ini visia.info akan berbagi informasi untuk anda mengenai Perlukah Obat-Obatan Untuk Bisa Mengatasi Kolesterol Tinggi? dengan harapan bisa menambah pengetahuan para pembaca visia.info tentang bagaimana mengatasi kadar kolesterol yang dalam tubuh.

Obat Kolesterol Tinggi

Para penderita kolesterol yang tinggi, biasanya dokter akan selalu menganjurkan si pasien untuk lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsinya serta juga melakukan olahraga teratur yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol yang berlebih pada tubuh.

Tetapi jika cara seperti itu memang kurang berhasil, maka dokter nantinya akan meresepkan obat-obatan tertentu dalam usaha menurunkan kolesterol yang berlebih pada tubuh dan berguna untuk mencegah terjadinya penyakit stroke, jantung, dan penyakit yang lainnya diakibatkan penumpukan pada kolesterol dalam tubuh.

Pada saat meresepkan obat-obatan yang berguna menurunkan kolesterol ini, biasanya para dokter ini akan terlebih dahulu mempertimbangkan dari seberapa tingginya kadar kolesterol dari sang pasien, lalu juga kemungkinan dari resiko pada tubuh pasien, efek samping yang memang dimungkinkan bisa terjadi, riwayat dari penyakit pembuluh darah, dan juga tentunya dosis yang tepat untuk bisa dikonsumsi.

Karena memang pengobatan kolesterol dengan obat yang diberikan ini hasilkan memang akan berbeda dari penderita yang lain. Waktu dan juga dosis dari pengobatan yang diberikan juga tidaklah bisa ditentukan dengan pasti, karena semuanya tergantung pada kondisi tubuh orang tersebut.

Ada yang memang mempunyai respon yang cepat dan ada juga yang memang lambat. Bahkan tak jarang yang tidak ada efek positifnya sehingga obat-obatan itu memang harus diganti. Jika target dari penurunan kolesterol ini bisa tercapai dan juga kondisi dari pasien dapat stabil selama kurang lebih 3 sampai 6 bulan, maka konsumsi obat-obatannya bisa dihentikan.

Jika tidak, maka nantinya akan terus dilanjutkan lagi sesuai dari apa yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh dokter. Walaupun mengkonsumsi dari obat-obatan penurun kolesterol ini, dari si pasiennya sendiri juga tetaplah harus bisa menjaga pola makannya, mengontrol berat badan, aktif berolahraga, dan juga menghindari rokok.

Obat-obatan ini hanyalah sebagai pelengkap saja yang memang berguna untuk membatu tubuh dalam mengatasi kolesterol yang berlebih. Sebanyak apapun dari obat penurun kolesterol yang kita minum, nantinya tidak akan ada hasilnya jika tidak adanya perubahan dari pola hidup.

Apa Saja Jenis Obat Kolesterol Ini? Efek Sampingnya?

Perlukah Obat-Obatan Untuk Bisa Mengatasi Kolesterol Tinggi? Lalu obat apa saja yang diberikan kepada pasien kolesterol ini? Pemberian obat kolesterol kepada masing-masing pasien berbeda, semua dipengaruhi oleh faktor resikonya masing-masing, kondisi tubuh, umur, dan juga efek sampingnya yang berbeda setiap pasien. Ada beberapa jenis obat kolesterol yang menjadi pertimbangan para dokter seperti obat kolesterol Statin, obat kolesterol Bile Acid Sequestrants (Resin), Nicotinic Acid/Niacin (Asam Nikotinat), Cholesterol Absorption Inhibitors (Ezetimibe), Fibrates (Asam Fibrat).

Lalu apakah ada efek sampingnya? Pada umumnya memang penggunaan obat kolesterol terbilang cukup aman, namun hal ini kembali lagi tergantung dari kondisi fisik si pasien. Pada pasien yang memang bermasalah dengan obat yang dikonsumsi bisa mempunyai efek samping seperti gejala nyeri otot, persendian, sembelit, sakit perut, mual dan diare. Maka dari itu sebaiknya penggunaan obat penurun kolesterol ini harus dikonsumsi di bawah pengawasan dokter.

Related Posts to "Perlukah Obat-Obatan Untuk Bisa Mengatasi Kolesterol Tinggi?"

Response on "Perlukah Obat-Obatan Untuk Bisa Mengatasi Kolesterol Tinggi?"