Thursday, 08 December 2016

Waspada Kolesterol Tinggi!

Visia.info – Waspada Kolesterol Tinggi! – Kadar kolesterol yang tinggi yang ada di dalam tubuh bisa sangat membahayakan karena akan menimbulkan beberapa penyakit yang berbahaya dan mematikan. Beberapa penyakit tersebut  seperti serangan jantung, stroke dan juga penyakit berbahaya lainnya. Kadar kolesterol yang tinggi tidak hanya terdapat pada orang -orang usia lanjut, tetapi usia muda pun juga bisa terseerang kolesterol tinggi jika pola makan dan pola hidup yang dijalaninya tidak sehat seperti malas berolah raga, kebiasaan merokok dan kebiasaan buruk yang tidak baik bagi kesehatan lainnya.

Waspada-Kolesterol-Tinggi!

Kolesterol Tinggi

Kolesterol adalah sejenis lemak yang secara alami telah ada di dalam tubuh manusia. Kolesterol dibutuhkan tubuh untuk pembentukan dinding sel dan bahan baku produksi hormon. Kolesterol bukanlah penyakit, tetapi bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit lain jika kadar kolesterol dalam darah cukup tinggi. Kadar kolesterol dikatakan normal jika kolesterol di bawah 200 mg/dl. Adapun kadar kolesterol yang tinggi misal di atas 240 mg/dl bisa memicu serangan jantung dan stroke.Waspada Kolesterol Tinggi!

Seperti yang telah disebutkan, kolesterol sebenarnya bermanfaat untuk tubuh. Tetapi ada pula jenis kolesterol yang bersifat jahat karena fungsinya mungkin merugikan kesehatan tubuh jika kadarnya berlebihan. Jenis-jenis kolesterol diantaranya yaitu LDL, HDL, VLDL dan trigliserida.

  • LDL atau Low Density Lipoprotein adalah jenis kolesterol jahat yang bisa menyebabkan penimbunan plak di dinding pembuluh arteri. Jika kadar LDL dalam darah terlalu tinggi bisa menyebabkan aliran darah terganggu. Aliran darah yang terganggu bisa memicu penyakit jantung karena kurangnya pasokan oksigen ke jantung.
  • HDL atau High Density Lipoprotein adalah jenis kolesterol yang baik. HDL akan bekerja membantu tubuh melawan kolesterol jahat LDL di dalam darah. Semakin tinggi kadar HDL di dalam darah, maka akan semakin baik untuk kesehatan Anda.
  • VLDL atau Very Low Density Lipoprotein adalah kolesterol sejenis LDL. Pada VLDL terdapat banyak lemak dan sedikit protein.
  • Trigliserida merupakan lemak yang diangkut di dalam darah oleh VLDL. Kalori yang berlebih, alkohol, dan gula dalam tubuh akan dirombak menjadi trigliserida dan disimpan dalam sel lemak di seluruh tubuh.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Salah satu penyebab kolesterol adalah makanan dari sumber hewani seperti ikan, unggas, dan daging yang Anda konsumsi sehari-hari. Pengonsumsian makanan berkolesterol ini merupakan penyebab yang bisa dikontrol. Jika Anda bisa mengatur pola makan Anda, maka kolesterol tinggi bisa dihindari. Mulai dari sekarang pilihlah makanan rendah kolesterol misal bayam, ikan salmon, dan berbagai makanan dari olahan kedelai.

Waspada Kolesterol Tinggi! Penyebab lain dari kolesterol adalah merokok, kurang olahraga, dan obesitas. Ketiga hal ini adalah penyebab yang bisa dikontrol. Perlu diketahui di dalam rokok terdapat bahan kimia berbahaya yang mempengaruhi sistem kardiovaskular dan menurunkan pasokan oksigen ke jantung. Adapun kurang berolahraga akan membuat tubuh semakin lemas dan fungsi kerja organ-organ tubuh tidak optimal. Berat badan yang berlebih juga identik dengan cadangan lemak dan kalori yang banyak sehingga rentan terkena penyakit tertentu. Oleh karena itu, perlu sekali menghilangkan kebiasaan merokok. Mulailah rajin berolahraga dan memperhatikan berat badan Anda.

Adapun penyebab yang tidak dapat dikontrol diantaranya yaitu keturunan dan usia. Jika ada anggota keluarga memiliki riwayat kolesterol tinggi, maka ada kemungkinanan anaknya kelak memiliki bakat kolesterol tinggi pula. Risiko untuk anak pun 6 kali lebih besar daripada orang tua. Orang dewasa di atas 20 tahun pun memiliki risiko terkena kolesterol tinggi jika tidak mengatur makanan yang dikonsumsi.

Kesehatan:

obat kaki terasa berat dan pegal. Obat tangan sebelah kemeng atau linu. kram di telapak tangan kiri dan kram di pundak belakang sebelah kiri jg serta kram di jari2 kaki kanan.

Related Posts to "Waspada Kolesterol Tinggi!"

Response on "Waspada Kolesterol Tinggi!"