Sunday, 19 November 2017

Mewaspadai Gejala Penyakit Maag, Penyebab dan Cara Pengobatan

Penyakit maag atau gastritis, dikenal juga dengan sebutan tukak lambung, penyakit ini bukan merupakan penyakit satu. penyakit maag mengacu pada beberapa keadaan yang mengakibatkan menyebabkan di lambung. Terkadang, peradangan itu merupakan penyebab dari infeksi yang berasal dari bakteri Helicobacter pylori yang mengakibatkan luka yang ada di lambung. tetapi, ada juga faktor lain yang dapat melahirkan maag contohnya Stres, pola hidup tidak sehat dan pola makan yang tidak teratur. Dalam  medis, penyakit maag atau gastritis diartikan sebagai sekumpul gejala (sindrom) rasa sakit atau rasa tidak nyaman di ulu hati, pada saluran cerna dibagian atas dan organ sekitar. Gejala yang disertai  rasa mual, kembung, cepat kenyang, menipisnya nafsu makan,  muntah dan diare.

 Mewaspadai-Gejala-Penyakit Maag-Penyebab-dan-Cara-Pengobatan

Penyakit maag dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sakit maag fungsional dan sakit maag organik. Berikut ini penjelasannya:

1. Sakit maag fungsional, yaitu sakit maag yang apabila dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan diteropong saluran pencernaan pada bagian atas (endoskopi) tidak mendapat kelainan secara anatomis.

2. Sakit maag organik, yang apabila diperiksa dengan endoskopi akan didapatkan kelainan secara anatomi. Misalnya luka pada bagian-bagian lambung dan beberapa bagian-bagian usus dua belas jari, polip di  bagian-bagian kerongkongan,lambung dan adanya kanker yang ada di organ pencernaan itu.

Penyakit maag juga memiliki beberapa tahapan dari mulai yang ringan hingga menjadi berat dan apabila dibiarkan terus-menerus tanpa pengobatan, dapat mengarah kepada kanker lambung. Berikut ini adalah beberapa tahapan dalam penyakit maag:

1. Maag ringan

Maag ringan masih tergolong maag tahap-tahap yang ringan biasanya setiap orang sudah mengalami di tahap ini, jika dilakukan pemeriksaan maka akan nampak asam lambung berlebih di bagian dinding.

2. Maag sedang

Maag pada tahap kali ini menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang sangat menyakitkan.

3. Maag yang kronis

Maag yang kronis adalah maag yang sangat gawat  di bandingkan dengan maag yang sedang, kemungkinan dapat terjadi  luka pada mukosa lambung.

4. Maag Akut

Maag akut adalah kondisi lambung yang sudah gawat, dapat terjadi karena adanya borok, infeksi pada lambung dan infeksi mikroorganisme

merugikan yaitu Helycobacter Pylori.

 5. Kanker lambung

hal ini sudah termasuk tahap yang paling berbahaya dan perlu segera mendapatkan penanganan medis.

gejala maag

gejala maag

gejala maag

Kesehatan:

meriang karena maag. meriang karena asam lambung.

Related Posts to "Mewaspadai Gejala Penyakit Maag, Penyebab dan Cara Pengobatan"

Response on "Mewaspadai Gejala Penyakit Maag, Penyebab dan Cara Pengobatan"