Thursday, 08 December 2016

Dokter Mata Anak

Dokter Mata Anak-Visia.infoSebagai orang tua, hendaknya harus lebih memperhatikan berbagai kesehatan pada semua organ dalam tubuh sang anak, mulai dari rambut hingga kesehatan ujung kaki. Namun penulisan artikel ini hanya akan menuliskan kapan sang anak perlu menemui dokter mata anak untuk mengetahui kesehatan matanya. Baca Juga: Dokter Spesialis Mata
Masalah kapan seorang anak harus diperiksakan organ matanya ke dokter mata anak, terlebih dahulu kita harus mengkroscek riwayat orang tua apakah memiliki riwayat penyakit mata. Penyakit mata pada orang tua seperti, minus, plus, gloukoma, silinder, tumor atau bahkan penyakit mata yang dapat diturunkan berdasarkan genetis. Dan jika telah mengetahui riwayat kesehatan mata orang tua, lalu sang anak mengeluhkan akan keadaan mata yang menurutnya ada rasa sakit saat itulah sebaiknya seorang anak dibawa ke dokter mata anak.

Dokter-Mata-Anak
Namun ada juga anak-anak yang kurang memperhatikan kesehatan matanya, sehingga orang tua haruslah mengetahui dan memperhatikan kesehatan mata sang anak. Berikut beberapa hal yang dapat mengarah pada kesehatan mata anak antara lain:
1. Berat badan bayi yang terbilang rendah atau terlahir secara prematur
Bayi yang terlahir dalam keadaan ini biasanya terpapar oksigen sehingga menyebabkan masalah pada retinanya. Jika dalam keadaan seperti ini maka mintalah seorang dokter mata anak untuk melakukan RetCam. Baca Juga:Penyakit Mata Glaukoma Penyebab Serta Gejala
2. Seperti mata kucing
Hal ini dapat terjadi ketika terkena sinar atau ketika foto maka mata akan menjadi seperti mata kucing. Keadaan ini dapat diindikasikan sebagai tumor, maka sebaiknya segera ditangani oleh dokter mata anak.
3. Bola mata tidak normal
Sejak lahir jika sang anak memiliki bola mata yang berbeda baik dari segi bentuk, ukuran, dan gerakannya maka haruslah diperhatikan dan diperiksakan lebih lanjut.
4. Mata merah
Mata akan berwarna kemerahan dan dapat mengeluarkan kotoran dengan terus-menerus serta dibarengi dengan keluarnya air mata.
5. Memiringkan kepala
Proses ini lebih dilakukan penderita untuk memperoleh gambaran penglihatan yang lebih baik.
6. Kelainan di sekitar kelopak
Hal ini dapat terlihat seperti, bulu mata kearah dalam, kelopak mata turun dan kelopak mata tidak berbentuk. Baca Juga: Gangguan Mata

Jenis penyakit mata yang menyerang pada anak-anak yaitu, kelainan refraktif, mata malas atau ambliopia , dan mata juling atau strabismus. Berbagai macam jenis penyakit ini akan dapat menyerang siapapun jadi sebagai orang tua haruslah memperhatikan dengan baik kesehatan sang anak.

Demi kesehatan dan perkembangan sang anak maka perlu adanya deteksi dini yang dilakukan oleh dokter mata anak untuk mengetahui kelainan dan gangguan pada perkembangan penglihatan sang anak yang dilakukan sejak dini.Dokter Mata Anak

Related Posts to "Dokter Mata Anak"

Response on "Dokter Mata Anak"