Tuesday, 06 December 2016

Gejala Meningitis Yang Harus Anda Ketahui

Meningitis merupakan penyakit serius yang menyerang selaput otak. Penyakit ini tergolong penyakit yang sangat menular, penularan penyakit ini bahkan bisa hanya dengan melalui cairan ludah atau ingus ketika penderita bicara, bersin, tertawa ataupun ketika batuk yang kemudian terbawa oleh udara dan terhirup oleh orang lain ketika mereka bernapas menghirup udara. Proses penularan juga disinyalir terjadi jika balita makan atau minum bersama penderita dari alat makan yang dipakai secara bersama. Selain itu memakai peralatan apapun yang baru dipakai oleh penderita meningitis juga bisa menjadi media penularan yang efektif. Umumnya penderita meningitis bisa saja akan terus menularkan penyakit yang ia derita selama penderita masih ada tanda-tanda gejala penyakit yang bersarang di tubuhnya. Penderita meningitis yang  disebabkan oleh bakteri dapat menularkan penyakitnya bahkan sampai sekitar 24 jam setelah antibiotik masuk dalam tubuh mereka.

Pada umumnya penyebab penyakit ini adalah bakteri atau virus namun terkadang juga disebabkan oleh jamur parasit, serta protozoa parasit yang bersifat merusak.

Bila dibandingkan dengan meningitis yang disebabkan virus parasit, penyakit meningitis yang disebabkan oleh bakteri agak jarang menjangkiti manusia. Akan tetapi, penyakit meningitis yang disebabkan bakteri bisa menimbulkan kondisi yang sangat serius jika tak ditangani dengan tepat. Bahkan bisa sampai terjadi tuna ganda, semisal lumpuh disertai gangguan mental.

Gejala-Meningitis-Yang-Harus-Anda-Ketahui

gejala meningitis baru muncul beberapa hari setelah balita menderita batuk pilek, diare diikuti muntah-muntah, tanda-tanda yang dapat mengindikasikan infeksi bakteri atau virus meningitis diantaranya:

·         Demam tinggi (sekitar 39º Celcius)

·         Kondisi bayi lemah dan sering rewel.

·         Sakit kepala diikuti mata yang sensitif terhadap cahaya.

·         Kaku kuduk, terkadang muncul ruam kulit dan kulitnya berwarna kuning serta kejang.

·         Tidak mau makan atau minum susu.

·         Kedinginan.

·         Menangis keras dan menjerit-jerit seperti kesakitan.

·         Bagian ubun-ubun bayi yang lemah dan masih terbuka tampak menonjol dan terasa keras.

·         Pada bayi yang masih kecil, gejala-gejala dasar bisa terlihat seperti malas untuk menyusu, juga bayi menjadi tampak lesu dan lemah sekali.

ketika balita divonis menderita penyakit meningitis, tentu saja balita sangat perlu dirawat di rumah sakit. Terutama dengan penanganan medis yang tepat dan optimal, penyakit meningitis yang disebabkan oleh bakteri dapat sembuh kurang lebih dalam waktu 3 mingguan. Dan selalu usahakan balita banyak mengonsumsi cairan serta berikan istirahat yang cukup.

gejala meningitis

gejala meningitis

gejala meningitis

gejala meningitis

Kesehatan:

kepala bayi panas. penyebab kepala bayi panas terus. kepala bayi sering panas. penyebab anak panas hanya di kepala. Penyebab kepala bayi panas. kepala dan telapak tangan bayi panas. penyebab kepala panas. kepala belakang bayi panas. kepala anak sering panas. penyebab telapak tangan dan kaki panas pada anak. Kepala anak panas. penyebab kepala bayi panas badan tidak. telapak tangan bayi panas. telapak tangan dan kaki bayi panas. demam hanya di kepala dan leher. panas pada kepala bayi. kepala bayi panas terus. kepala bayi panas tapi tidak demam. panas pada anak hanya di kepala. kepala bayi panas tapi badan normal. kepala panas. bayi demam di kepala. telapak kaki bayi panas. Kepala bayi selalu panas. keringat dingin lemas terus mau buang air. kenapa kepala bayi panas terus. bayi panas hanya di kepala dan telapak tangan.

Related Posts to "Gejala Meningitis Yang Harus Anda Ketahui"

Response on "Gejala Meningitis Yang Harus Anda Ketahui"