Sunday, 26 February 2017

Gejala Menopause Yang Berbahaya

Menopause adalah hal normal dari proses penuaan yang dialami oleh semua perempuan.

Menopause diartikan sebagai tahap akhir dari siklus menstruasi secara permanen dan hilangnya fungsi indung telur.

Kemungkinan beberapa perempuan akan mengalami menopause lebih awal karena prosedur kesehatan, seperti penggunaan hormon pengatur kelahiran.

Dari penelitian yang dilakukan para ahli, menopause rata-rata dialami oleh perempuan yang menginjak usia 51 tahun, namun terkadang bisa kurang dan juga ada yang lebih.

 Gejala-Menopause-Yang-Berbahaya

Berikut ini ada beberapa gejala yang mengindikasikan akan terjadinya masa menopause :

1. Periode Menstruasi Mulai Berkurang

Perempuan dianggap sudah mencapai menopause jika selama satu tahun tidak mengalami menstruasi terhitung sejak tanggal dia mengalami periode menstruasi terakhir kali.

Kondisi periode menstruasi yang tidak teratur hingga mentruasi yang betul-betul telah selesai adalah tanda – tanda yang paling jelas seorang perempuan telah mencapai masa menopause ini, apalagi jika dia sudah berusia sekitar 50 tahunan.

Belum ada tolak ukur waktu yang pasti kapan periode terakhir menstruasi akan berlangsung, namun dengan mencatat siklus menstruasi dapat membantu menentukan kapan periode menstruasi mulai tidak berjalan lancar.

2. Hot Flashes

Gejala menopause yang mungkin paling terkenal yaitu hot flashes. Munculnya Hot flashes disebabkan perubahan hormonal yang menyebabkan pembuluh darah melebar dalam upaya untuk membuat tubuh lebih dingin.

Mayoritas wanita kulitnya menjadi memerah atau berkeringat selama fase hot flashes ini. Keadaan semacam ini dapat menyebabkan denyut jantung turut bertambah.

Munculnya Hot flashes adalah kondisi yang normal dan dapat dikontrol dengan berolahraga secara teratur dan menghindari konsumsi alkohol, rokok, kopi, juga makanan bersifat pedas.

Segera konsultasi dengan dokter untuk menentukan perawatan yang tepat untuk mengatasi masalah Hot Flashes ini.

3. Insomnia atau susah Tidur

Kondisi insomnia atau susah tidur merupakan tanda dan gejala yang kerap terjadi pada awal fase menopause berlangsung.

Mungkin sebagian perempuan kerap terbangun di malam hari karena keringat berlebih atau muncul hot flashes, sedangkan sebagian yang lain bahkan mengalami kesulitan mengawali tidur (insomnia).

Ada beberapa hal yang direkomendasikan untuk mengatasi masalah insomnia pada perempuan yang mengalami fase menopause, salah satunya dengan menghindari konsumsi kafein berlebih serta melakukan latihan atau teknik relaksasi semacam yoga.

4. Mudah Marah dan Perubahan Mood (Mood Swings)

Kerap kali perempuan mengalami perubahan mood atau mudah marah sebelum dan selama fase menopause.

Para ahli belum bisa menentukan dengan pasti pemicu gangguan mood semacam ini, namun disinyalir perubahan kadar hormon memiliki kontribusi penting daam hal ini.

beberapa perempuan mungkin akan menjadi lebih sensi atau gampang tersinggung disebabkan iamengalami permasalahan tidur atau insomnia hal itu membuat dirinya sulit untuk tidur dengan nyenyak.

Tingkat Keparahan Gejala

Masing-masing perempuan akan mengalami fase menopause yang berbeda, sebagian diantaranya

mungkin tidak mengalami gejala yang mengganggu aktivitas.

Namun, tidak sedikit perempuan yang mengalami gejala cukup parah dan mengganggu, seperti hot flashes juga susah tidur.

gejala Menopause

gejala Menopause

gejala Menopause

gejala Menopause

Kesehatan:

kesemutan jelang menopause. wanita usia 51 tahun. umur 51 tahun sakit punggong knpa. punggung terasa sangat pegal tanda mau menstruasi atau menopause. menopause apa perut panas?. mual menjelang menopouse. kenapa badanku lemas dan keram karna saya sudah monophaus. gejala menopause panas dingin. gejala menopause sakit pinggang. gejala menstruasi terus menerus pada usia 50 an. gejala monophaus yang sering di rasakan apa tidak berbahaya. haid yg berlebihan dan nyeri di usoa 46. Kenapa sakit perut saat menopouse. kaki linu linu di atas usia 50 an kenapa. kaki sering sakit diusia 50an apakah itu wajar. insomnia wanita jelang menopause. Cara mengatasi Badan kedinginan karena masa menopause. apakah badan linu saat manapouse. Apakah mual gejala moineupose. apakah orang yang mengalami pra menopause merasakan pahit di muput. apakah pegal2 di pinggul termasuk gejala menopause. apakah pusing juga tanda manepouse. apakahperutakanterasasakitptemenoupos. badan pegel pegel di usia 46 tahun. badan pegel pegel pasca menouposr. bahaya menopause. cara mengatasi badan dingin pra menopause.

Related Posts to "Gejala Menopause Yang Berbahaya"

Response on "Gejala Menopause Yang Berbahaya"