Thursday, 08 December 2016

Gejala Glaukoma

Penyakit kebutaan tentunya masih menjadi masalah yang kerap kali menghantui masyarakat Indonesia dimanapun berada, salah satu penyebab kebutaan adalah glaukoma. Mirisnya, glaukoma ini dapat menyebabkan kebutaan secara perlahan yang bersifat kebutaan permanen.

Menurut penuturan dokter spesialis mata yang juga Direktur di Jakarta Eye Center Indonesia, Dr. Johan Hutauruk MD, kondisi glaukoma merupakan gejala penyakit mata yang disebabkan oleh adanya peningkatan tekanan di bagian bola mata atau biasa dikenal dengan Tekanan Intra Okular TIO .

Disamping itu, glaukoma mampu memicu munculnya kebutaan secara perlahan-lahan yang sifatnya permanen dan sulit untuk ditangani. Umumnya pada tahap awal gejala glaukoma terasa tidak ada keluhan yang berarti, akan tetapi penglihatan perlahan menurun dan luas pandang menjadi semakin berkurang. Tentunya ini sangat mengganggu dikala semua aktivitas yang kita lakukan selalu melibatkan organ atau indra penglihatan ini.

 Gejala-Glaukoma

Selanjutnya Dr. Johan juga menuturkan bahwa glaukoma sebenarnya dikategorikan menjadi dua jenis, Glaukoma kronis dan Glaukoma akut. Pada glaukoma kronis kemunculannya dapat ditandai tekanan di bola mata yang meningkat secara perlahan-lahan dan terus mengganggu. Gejala ini memicu masalah lain yaitu penurunan ketajaman atau bahkan kejernihan penglihatan mata serta penurunan visus dan kemampuan penglihatan lain.

Sementara itu, pada penyakit glaukoma akut umumnya ditandai dengan tekanan di bola mata yang meningkat secara mendadak dan tentunya sangat menyiksa. Disamping itu, terdapat gejala lain dari glaukoma akut seperti nyeri mata yang hebat, perubahan warna bola mata menjadi kemerahan, muncul sensasi rasa sakit kepala yang mendadak, rasa mual yang disertai muntah.

Kondisi kebutaan dikarenakan glaukoma sebenarnya dapat dicegah jika ditemukan sejak dini gejalanya. Bila sudah terdeteksi glaukoma muncul, maka jangan tunda lagi harus selalu dikontrol untuk mencari solusi bagaimana mengurangi faktor risiko agar tidak berakibat fatal, seperti adanya tekanan pada bola mata yang tinggi atau kemungkinan adanya penyakit vaskuler.

Glaukoma dalam tahap ringan juga masih bisa diatasi dengan menggunakan obat tetes mata anti-glaukoma tentunya dengan rekomendasi dan petunjuk dari dokter ahli. nah, sedangkan pada kondisi glaukoma berat yang tidak dapat diatasi menggunakan obat mata, sangat dianjurkan untuk mengambil keputusan melaksanakan tindakan operasi, agar tidak terlambat dan berakibat fatal.

gejala glaukoma

gejala glaukoma

gejala glaukoma

gejala glaukoma

Kesehatan:

apakah menggigil kedinginan ada yang tidak pada tubuh kita. tubuh nggregesi.

Related Posts to "Gejala Glaukoma"

Response on "Gejala Glaukoma"