Monday, 11 December 2017

Gejala Keputihan

Salah satu masalah yang kerap kali dikeluhkan para kaum adalah keputihan. Mayoritas atau bahkan hampir semua wanita tentunya pernah mengalami gangguan tersebut. Keputihan disebabkan oleh faktor yang beragam. Maka dari itu, ada baiknya apabila kita mengenali dan lebih memahami mengenai gejala keputihan guna mengantisipasi munculnya keputihan.

Para ahli kesehatan spesialis ginekologis menuturkan, ada dua hal yang yang menjadi dasar pengkategorian penyebab keputihan. yaitu, faktor fisiologis dan faktor patologis. Kondisi Keputihan secara fisiologis dianggap biasa dan hampir semua wanita normal pernah mengalaminya. Kondisi keputihan semacam ini terjadi karena perubahan metabolisme dalam tubuh.

Keputihan ini dapat terjadi dikarenakan adanya perubahan hormonal menjelang siklus menstruasi, bisa juga karena adanya rangsangan saat akan berhubungan intim, atau bahkan karena faktor emosional. Keputihan fisiologis ini cenderung bersifat tidak berbahaya.

Gejala-Keputihan

Lain halnya dengan keputihan yang bersifat patologis, keputihan ini dipicu karena adanya masalah berkaitan dengan penyakit tertentu. Keputihan ini mempunyai gejala warna kekuning-kuningan dan juga bau. Ada beberapa gejala keputihan yang dianggap serius, antara lain, munculnya cairan berlebihan seperti menstruasi, cairan yang keluar kental dan juga bau, muncul cairan berwarna kuning kehijauan, serta diikuti rasa gatal, rasa panas, bahkan timbul nyeri di sekitar area vagina.

Sebelum keluhan keputihan ini diatasi, harus diidentifikasi dulu apa penyebab dari keputihan yang sedang dialami. Hal ini perlu dilakukan untuk menentukan penanganan apa yang harus diberikan denga tepat.

Apabila keputihan terjadi karena faktor fisiologis maka tidak diperlukan penanganan medis. Cukup dengan perawatan pribadi yang benar.

Caranya adalah dengan, mencuci vagina dengan air secara berkala. Tidak perlu menggunakakan sabun tertentu, seperti produk pembersih vagina yang beredar di pasaran. Mengapa demikian?, Sebab, penggunaan cairan pembersih terkadang malah dapat menimbulkan iritasi bahkan mengganggu tingkat keasaman vagina. Bukannya menyembuhkan, langkah itu justru dapat memperburuk keadaan.

Oleh karena itu, tidak disarankan menggunakan jenis sabun tertentu yang justru malah mengganggu organ intim anda. keputihan sebenarnya dapat diatasi hanya dengan menjaga kebersihan diri secara umum saja.

Hal ini lain dengan keputihan yang bersifat patologis. Keputihan jenis ini merupakan tanda penyakit tertentu atau bahkan bisa jadi tanda dari suatu keganasan penyakit. Misalkan, keputihan yang bercampur darah. Bila mendapati kondisi seperti ini, segera saja konsultasikan ke dokter ahli.

Terkadang tidak sedikit wanita yang meremehkan keputihan. Mereka juga lebih sering mencoba cara  sendiri dengan memakai sabun pembersih tertentu. Bila keluhan berlanjut, barulah mereka konsultasi ke dokter.

gejala keputihan
gejala keputihan
gejala keputihan

gejala keputihan

Kesehatan:

habis haid berhubungn intim trus bdan jdi lemas. nyeri perut disertai keputihan dengan sedikit darah.

Related Posts to "Gejala Keputihan"

Response on "Gejala Keputihan"