Sunday, 04 December 2016

Mewaspadai Gejala Penyakit Lambung GERD

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), atau yang biasa disebut sebagai penyakit lambung akibat dari refluks asam lambung.GERD adalah masalah-masalah dalam bidang kesehatan yang  umum. Hal seperti ini dapat terjadi karena adanya masalah pada lower esophageal sphincter adalah katup penghubung yang menghubungkan antara lambung dengan kerongkongan. Akibatnya, asam lambung yang harus tetap ada didalam perut, naik ke kerongkongan dan dapat mengakibatkan rasa seperti dibakar pada bagian-bagian dada.

            Gejala. Selain rasa dada yang terbakar, Penderita juga dapat merasakan gejala yang sama dengan gangguan mag, seperti mual-mual dan kembung pada perut. Gejala lainya yang juga dapat penderita rasakan adalah sulit dan sakit saat menelan makanan, rasa asam pada mulut, sering berselpeter serta sering terserang radang tenggorokan.

Penyebab
. Dari hasil beberapa penelitian yang dilaksanakan oleh para ahli, ditemukan bahwa kecemasan dan depresi dapat menambah resiko terhadap penyakit GERD dua hingga empat kali lipat. Dan juga beberapa ahli  sangat meyakini bahwa zat kimia di otak yang bernama cholecystokinin (CCK), yang selama ini dikaitkan dengan panic atau bingging dan gangguan perncernaan, kemungkinan yang besar juga berfungsi dalam melahirkan penyakit GERD pada mereka yang sedang mengalami kecemasan dan salah satu penyebab adanya beberapa gejala fisik pada penderita binggung adalah terjadinya tidak imbangnya sistem alarm otak.

Mewaspadai-Gejala-Penyakit-Lambung-GERD

Tips atau Cara-cara Mengatasi Penyakit GERD:

  • Waktu tidur. Kebiasaan penderita langsung tidur sesudah makan hanya akan menambah resiko serangan penyakit GERD. Sebab,pada saat tidur dalam keadaan yang terlentang, maka isi lambung akan membalik ke kerongkongan sebelum makananan tercerna dengan sempurna. Setidaknya, penderita memberi jarak hingga 2-3 jam sesudah penderita makan.
  • Waspada sebelum makan. Beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat membangkitkan pengeluaran asam lambung. Misalnya, kopi dan alkohol. Sebaiknya, penderita menghindari hal seperti ini.
  • Olahraga. Beberapa ahli meneliti membuktikan bahwa berolahraga selama 30 menit minimal 3 kali dalam waktu seminggu juga dapat  mencegah serangan binggung.
  • Jangan binggung. Beberapa kasus kebinggungan dapat menunjukkan adanya pola-pola tertentu. dengan mengetahui penyebabnya, Penderita dapat melatih diri penderita untuk mengatasi serangan binggung yang penderita rasakan. Apabila penderita masih sulit,  artinya sudah saatnya penderita berkonsultasi kepada dokter. “Saat binggung sudah dapat diatasi dengan baik, keluhan pada lambung akan menurun.

Jangan merokok. Tembakau yang penderita hisap juga dapat menambah produksi asam lambung dan mengurangi fungsi katup penghubung antara lambung dengan kerongkongan.

gejala gerd

gejala gerd

gejala gerd

gejala gerd

Kesehatan:

badan menggigil. badan tiba tiba menggigil kedinginan saat tidur. menggigil malam hari. penyebab badan menggigil. tiba tiba menggigil kedinginan saat tidur. menggigil. badan tiba tiba menggigil. badan menggigil di malam hari. menggigil tiba tiba. tiba tiba menggigil. penyebab badan menggigil kedinginan tiba-tiba. tiba tiba menggigil tengah malam. tiba tiba menggigil di malam hari. gejala menggigil di malam hari. Penyakit menggigil. penyebab badan tiba tiba menggigil. kenapa badan menggigil kedinginan. badan dingin menggigil. kenapa badan tiba tiba menggigil. penyebab tubuh menggigil. badan sering menggigil tiba tiba. badan tiba tiba dingin. sering menggigil kedinginan di tengah malam. penyebab kedinginan di malam hari. tiba tiba kedinginan. tiba tiba badan menggigil kedinginan. tiba-tiba menggigil kedinginan.

Related Posts to "Mewaspadai Gejala Penyakit Lambung GERD"

Response on "Mewaspadai Gejala Penyakit Lambung GERD"