Tuesday, 06 December 2016

Menelik Penyebab dari Stroke

Visia – Menelik Penyebab dari StrokeStroke merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti sebagian banyak orang. Penyakit yang melumpuhkan sebagian bahkan seluruh tubuh penderitanya ini berpusat pada masalah seraf di otak. Terdapat penyempitan atau tersumbatnya pembuluh darah atau bahkan pecahnaya pembuluh darah di otak yang membuat aliran darah terhenti dan asupan oksigen pun berkurang. Terdapat berbagai macam hal yang dapat menyebabkan terserangnya penyakit stroke ini seperti stress, memakan makanan yang tidak sehat dan juga kurangnya olah raga.

gejala stroke

Penyebab stroke

Terdapat berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit stroke. Penyebab ini pun dapat dibagi ke dalam dua factor yaitu faktor yang dapat diubah atau dimodifikasi dan faktor  yang tidak dapat diubah atau dimodifikasi.

Faktor yang tidak dapat dimodifikasi

1.      Usia

Usia merupakan faktor utama yang tidak dapat dirubah pengaruhnya. Sebagian besar penderita stroke adalah orang-orang yang sudah berusia lanjut. Hal ini dikarenakan proses penuaan dapat memperbesar resiko terserang stroke. Pasa usia tua, saraf cenderung lebih kaku atau keras dan mudah tersumbat oleh plak.

2.      Keturunan

Seperti beberapa penyakit lainya, orang yang memiliki silsilah dengan penyakit stroke akan beresiko lebih besar untuk juga terkena stroke. Tapi tidak semua keturunan sudah pasti akan terkena stroke.

3.      Etnis

Berdasarkan beberapa penelitianyang telah dilakukan, orang yang memiliki ras kulit putih lebih beresiko terkena stroke dibandingkan dengan ras berkulit hitam.

Faktor yang dapat dimodifikasi

1.      Merokok

Orang yang sering merokok memiliki resiko sangat besar untuk terserang stroke. Hal ini dikarenakan perokok rentan akan memiliki saraf otak yang lebih kaku dan keras. Kakunya saraf otak ini desebabkan tingginya kadar fibrinogen darah yang terdapat pada tubuh perokok.

2.      Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas juga salah satu faktor yang harus diperhatikan. Orang gemuk memiliki kadar lemak dan kolesterol yang terdapat pada darah berlebih.

3.      Hiperkolesterol

Hiperkolestoral adalah suatu keadaan dimana orang memiliki kadar kolesterol di dalam darah yang sangat tinggi. Kadar LDL pun menjadi berlebih dan menyebabkan terbentuknya plak di pembuluh darah yang dapat menyumbatnya.

4.      Diabetes mellitus

Penderita diabetes memiliki saraf yang lebih kaku. Selain itu, turunya kadar gula darah yang mendadak akan menyebabkab kematian pada fungsi otak.

5.      Penyakit jantung

Seperti yang kita ketahui bahwa jantung merupakan pemompa darah atau sumber dari segala peredaran darah di dalam tubuh. Jika terdapat gangguan pada jantung, sudah pasti akan mengganggu jalanya darah. Gangguan tersebut dapat mematikan fungsi otang secara bertahap atau secara tiba-tiba.

6.      Hipertensi

Hipertensi  merupakan faktor utama penyebab terjadinya penyakit stroke. Pada hipertensi, diameter pada pembuluh darah akan mengecil  sehinggak aliran darah dan oksigen pun akan berkurang. Kurangnya oksigen dan glukosa ini dapat menyebakan matinya jaringan dan fungsi pada otak

 

Related Posts to "Menelik Penyebab dari Stroke"

Response on "Menelik Penyebab dari Stroke"