Sunday, 04 December 2016

Mengenal Lebih Dekat Gejala TBC Pada Anak-Anak

TBC yaitu suatu penyakit yang dialami oleh manusia dimana penyakit tersebut datang untuk menyerang kepada sistem pernafasan pada diri manusia. Penyakit ini diakibatkan oleh virus atau kuman yang bernama Mycobacterium Tuberculosis.  Ciri yang menonjol pada penderita TBC yaitu ia mengalami batuk serta dahak yang tidak kunjung reda.

Penyakit yang dialami oleh anak-anak tidak sama dengan penyakit yang dialami pada orang dewasa.  Penyakit yang dialami oleh anak-anak sulit untuk diketahui daripada penyakit yang dialami oleh orang dewasa. Di Indonesia penyakit TBC ini menduduki ranking 3 dunia dengan perolehan 10% dari keseluruhan kasus penyakit TBC yang dialami oleh anak yang berusia 15 tahun.

Penyakit TBC ini dapat ditularkan melalui percikan dahak sebagai akibat dari batuk. anak-anak sendiri sebenarnya mereka sangat rentan tertular penyakit TBC terutama jika mereka berada di sekitar orang-orang dewasa yang telah terjangkit penyakit TBC. Gejala penyakit TBC pada anak-anak sulit untuk diketahui karena tidak semua gejala umum mengenai penyakit TBC yang diperlihatkan oleh mereka itu dinyatakan positif. Hal inilah yang dapat menyebabkan banyak diantara anak-anak yang terjangkit oleh penyakit TBC terlambat untuk ditangani atau dicegah.

Mengenal-Lebih-Dekat-Gejala-TBC-Pada-Anak-Anak

Berikut ini gejala umum TBC pada anak :

  1. Selama 3 bulan berturut-turut, berat badan anak mengalami penurunan tanpa diketahui penyebab yang jelas dan dalam waktu 1 bulan juga tidak mengalami kenaikan walaupun sudah memperoleh gizi yang baik.
  2. Nafsu makan mengalami penurunan.
  3. Mengalami demam yang tinggi tanpa diketahui penyebab yang jelas, kemudian sembuh untuk sementara waktu, kemudian demam lagi dan sembuh lagi selama berulang-ulang dalam jangka waktu yang cukup lama.
  4. Perkembangan dan pertumbuhan anak tidak mengalami kenaikan yang signifikan atau dapat di katakan pertumbuhan anak terhambat bahkan bisa jadi tidak berkembang.
  5. Pembesaran kelenjar limfe yang terletak dibawah kulit yang tidak sakit, biasanya paling sering tumbuh yaitu pada daerah leher, ketiak dan lipatan paha (inguinal).

Yang membedakan penyakit TBC yang diderita oleh anak dengan orang dewasa yaitu penyakit ini tidak akan dapat menular kepada anak yang lain. Namun, hal ini dapat dikatakan berbahaya, karena penyakit TBC ini dapat menyebar tidak hanya pada sistem pernafasan dari anak, akan tetapi juga dapat menyebar pada tulang, mata serta otak. Jika pentyakit TBC ini sudah menyebar ke otak, maka anak tersebut kemungkinan akan mengalami kesulitan untuk tumbuh dan berkembang dengan normal layaknya anak-anak seusianya. Selain itu, anak tersebut juga akan mengalami kesulitan dalam berbicara.

Penanganan

Untuk penanganan pada penderita TBC yang masih dalam kategori anak-anak tergolong cukup mudah karena penanganan pada orang dewasa dan anak itu hampir sama. Anak dapat diberikan suatu pengobatan alternatif dalam waktu sekitar 6 (enam) bulan. Selain penangan melalui pengobatan, hal yang paling penting adalah memperbaiki dan menciptakan suasana lingkungan yang kondusif, sehat dan aman. Hal ini dilakukan agar anak dapat merasakan pentingnya kesehatan dan dapat menghargai kesehatan tubuhnya.

gejala tbc

gejala tbc

gejala tbc

Kesehatan:

badan ada bercak merah tapi tidak demam. mata dan pernapasan terasa panas apa penyebabnya?. mengenal tbc pada anak.

Related Posts to "Mengenal Lebih Dekat Gejala TBC Pada Anak-Anak"

Response on "Mengenal Lebih Dekat Gejala TBC Pada Anak-Anak"