Sunday, 19 November 2017

Tetanus Dan Gejalanya

Tetanus Dan Gejalanya – Tetanus adalah penyakit yang cukup serius, dimana penyakit yang satu ini menginfeksi susunan saraf dan mengakibatkan kejang. Tetanus akan terjadi jika anda mengalami luka seperti tertusuk benda yang telah tercemar. Penyebab timbulnya tetanus yakni kuman yang disebut clostridium tetani yang mudah sekali berkembang pada lingkungan anaerob atau kurang oksigen.

Tetanus terjadi karena masuknya benda yang telah tercemar ke dalam luka. Benda yang tercemar otomatis akan membawa kuman dan tumbuh serta menghasilkan racun tetanospasmin. Kemudian racun tersebut masuk ke peredaran darah, menyebar pada susunan syaraf dan mengikatnnya. Hal inilah yang mengakibatkan kejang yang berlangsung cukup lama.

Tapi untuk mnengetahui lebih jauh mengenai Tetanus Dan Gejalanya, mari kita simak info berikut.

Tetanus-Dan-Gejalanya

Gejala tetanus umum

  1. Tetanus akan menampakan gejalanya pada 5-21 kisaran hari sesudah terjadinya luka.
  2. Gejala tersebut biasanya diawali dengan kakunya rahang
  3. Akan terjadi kekakuan otot pada wajah, leher, dada, punggung, perut, tangan, serta tungkai
  4. Penderita akan susah untuk menelan
  5. Mengalami demam dan keringat yang berlebihan
  6. Detak di jantung menjadi cepat
  7. Tekanan darah akan meninggi
  8. Terjadi gangguan buang air kecil dan buang air besar

Sementara gejala tetanus pada bayi yang baru lahir (Tetanus Neonatorum), dimana kurangnya perawatan tali pusar secara higenis yakni.

  1. Otot akan kaku
  2. Bayi sering rewel
  3. Sukar untuk makan ataupun minum

Jika pada bayi penanganan tidak segera dilakukan, fatalnya dapat menyebabkan kematian.

Tetanus juga dapat menyebabkan komplikasi seperti dapat menyebabkan patah pada tulang belakang, kegagalan pada pernafasan, robekan pada otot, dan dapat menyebabkan kerusakan otak pada bayi.

Lalu bagaimana cara mencegah tetanus ? ada beberapa langkah yang dapat anda ambil dalam pencegahan tetanus, seperti segera merawat luka dengan higenis, memberikan vaksin tetanus toksoid pada bayi maupun anak-anak, dan tentunya jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar anda.

Nah, sekian ya informasi mengenai Tetanus Dan Gejalanya, semoga informasi tadi bermanfaat.

gejala tetanus

gejala tetanus

gejala tetanus

gejala tetanus

Kesehatan:

ciri ciri tetanus. ciri ciri penyakit tetanus. ciri tetanus. ciri ciri orang yang menderita tetanus. ciri ciri terkena tetanus. gejala awal tetanus. gejala tetanus. ciri2 tetanus. ciri-ciri tetanus. ciri ciri titanus. ciri terkena tetanus. ciri ciri orang terkena tetanus. ciri-ciri orang yang menderita tetanus. Ciri ciri orang terkena penyakit tetanus. Apakah awal titanus menyebabkan badan kurus kering.

Related Posts to "Tetanus Dan Gejalanya"

Response on "Tetanus Dan Gejalanya"