Sunday, 04 December 2016

Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan

Visia – Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan – Kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga karena dengan tubuh yang sehat seorang dapat melakukan kegiatan apapun dengan nyaman. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesehatana seseorang, salah satunya adalah kondisi cuaca atau musim dan musim hujan adalah musim yang paling sering membawa berbagai macam penyakit seperti deman, flu, dll. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar kesehatan tetap terjaga di musim dingin. Berikut beberapa hal yang dapat anda perhatikan kekita musim hujan tiba.

Menjaga-Kesehatan-Di-Musim-Hujan

1. Menjaga Pola Makan

Makan makanan yang tinggi vitamin C akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat, sehingga termasuk buah-buahan dan sayuran seperti lemon, buah kiwi, capsicum dan brokoli di toko-toko terdekat.

Ahli Gizi Zoe Bingley – Pullin merekomendasikan membuat jus yang terdiri dari dua pertiga sayuran dan buah sepertiga. Campuran wortel, bayam dan lemon adalah kombinasi penghilang stres yang akan meningkatkan sistem kekebalan Anda. Pastikan pola makan Anda juga termasuk mengandung daging tanpa lemak, ikan, unggas, susu rendah lemak, kacang-kacangan dan biji-bijian , dan menggunakan banyak bumbu dan rempah-rempah.

2. Olahraga Secara Teratur

Ini penting untuk menjaga tetap berolah raga selama musim hujan , sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa tingkat olahraga teratur memiliki efek kumulatif jangka panjang pada respon imun dalam tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Peneliti utama  dari State University di AS,Profesor David Nieman dari Appalachian melaporkan bahwa peserta studi yang melakukan jalan cepat beberapa kali seminggu mengurangi resiko terserang sakit sampai dengan sekitar 40 persen.”Latihan aerobik yang teratur, lima atau lebih setiap hari dalam seminggu selama lebih dari 20 menit, akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mengurangi faktor terkena penyakit,” kata Profesor Nieman .

3. Menjaga Kebersihan

Sering mencuci tangan adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari sakit dan menyebarkan penyakit seperti membatasi perpindahan bakteri , virus dan mikroba lainnya , menurut Mayo Clinic di Amerika Serikat . Hal ini sangat penting untuk selalu diperhatikan selama musim hujan ketika kita merasa cenderung batuk dan lebih sering bersin. Basahi tangan dan denganbusa sabun selama 20 detik untuk membantu mengusir kuman, kemudian bilas dengan dengan air mengalir yang baik.

4. Tidur Nyenyak

Kurang tidur dapat memiliki efek serius pada sistem kekebalan tubuh Anda, membuat Anda lebih rentan terserang pilek. Sebuah studi dari Brazil menemukan kurang tidur dapat mengakibatkan penurunan yang substansial dalam sel-sel darah putih yang membantu melawan infeksi dalam tubuh.

Buatlah rutinitas tidur santai, seperti mendengarkan musik lembut atau berendam dalam air hangat. Hindari menonton TV atau menggunakan komputer Anda sebelum tidur dan menyalakan lampu selama satu jam sebelum Anda tertidur, karena akan meningkatkan pelepasan melatonin di otak. Selain itu, cobalah untuk pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada akhir pecan, itu akan membantu kinerja tubuh sehinnga dapat melawan penyakit.

Demikianlah artikel yang bisa saya share mengenai Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan semoga bermanfaat dan berguna untuk anda semua.

Related Posts to "Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan"

Response on "Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan"