Sunday, 04 December 2016

Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan JantungJantung merupakan organ tubuh kita yang terpenting jika dibandingkan dengan organ tubuh yang lain. Perannya adalah untuk memompa darah lewat pembuluh darah dengan kontraksi yang berirama dan berulang, dan juga berperan dalam sistem peredaran darah. Kelainan pada jantung dapat menyebabkan kematian. Masalah pada jantung yang menyebabkan kematian tersebut biasanya disebabkan oleh kegagalan organ jantung, bisa terjadi karena penyakit jantung ataupun serangan jantung.

Menjaga-Kesehatan-Jantung

Penyakit jantung biasanya berakibat pada proses kerja jantung dimana ia tidak bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. Hal tersebut bisa terjadi karena memang sudah terdapat kelainan jantung sejak lahir, seperti tidak sempurnanya pembentukan lapisan yang memisahkan serambi kanan dan serambi kiri saat penderita masih berada di dalam kandungan. Sedangkan serangan jantung adalah sebuah kondisi dimana jantung tidak bisa berfungsi sama sekali, biasanya terjadi secara tiba-tiba dan tidak dapat terprediksi, sering pula disebut dengan gagal jantung.

Untuk mencegah masalah pada jantung seperti penyakit jantung dan serangan jantung, kita dapat melakukannya dengan selalu menjaga kesehatan jantung dengan baik. Walaupun sebenarnya tidak ada penanggulangan terhadap hal tersebut, terdapat beberapa pencegahan yang dapat dilakukan pada aktivitas atau kegiatan sehari-hari yang sangat sering dan sudah biasa kita lakukan, seperti melakukan gaya hidup yang sehat dengan sering bangun pagi, kurangi tidur larut malam atau bahkan tidak tidur, hindari rokok dan minuman beralkohol. Menjaga pola makan yang sehat juga dapat kita lakukan dengan makan makanan berserat dan bersayur, dan mengurangi makanan berkolesterol tinggi ataupun berlemak. Satu hal lagi adalah dengan berolahraga secara teratur.

Di sisi lain, sebenarnya penyakit dan serangan jantung dapat disebabkan oleh kondisi mental kita yang stres. Stres dapat meningkatkan resiko dua kali lipat untuk dapat terkena serangan jantung. Stres dapat meningkatkan tekanan darah dan penggumpalan, dan juga dapat membuat tubuh melepaskan hormon kortisol. Terdapat beberapa penelitian yang menyatakan bahwa dengan selalu berpikiran positif dapat mengurangi resiko kematian hingga 23%.

Beberapa solusi untuk mencegah penyakit jantung karena stres adalah dengan cara memperbanyak kegiatan spiritual, menahan amarah, fokus pada satu pekerjaan dan selesaikan (jangan pernah memaksakan diri untuk menyelesaikan beragam pekerjaan dalam satu waktu), kontrol perasaan, tidur cukup, dan dengarkan musik riang. Sebenarnya untuk menghindari stres itu sendiri, kita pasti dapat melakukan pencegahan sendiri, bahkan pada dasarnya kitalah yang paling mengetahui bagaimana caranya menghilangkan stres berlebih pada diri. Namun jika tidak diingatkan, pasti stres tersebut akan selalu muncul.

Menjaga Kesehatan Jantung Jangan abaikan pikiran anda hanya karena anda sudah memulai gaya hidup sehat, karena penyakit jantung tetap akan muncul jika anda tetap berada pada kondisi pikiran yang stres. Lakukan gaya hidup sehat dengan tetap menjaga kondisi mental anda, dan anda akan mendapatkan kondisi jantung yang sehat dan sejahtera. Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan:

contoh puisi tentang kesehatan jantung.

Related Posts to "Menjaga Kesehatan Jantung"

Response on "Menjaga Kesehatan Jantung"